Share

Mengenal Manfaat Pilates: Obati Skoliosis hingga Masalah Pinggul Usai Melahirkan

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2022 12:05 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi manfaat pilates untuk kesehatan tubuh. (Foto: Shutterstock)

BANYAK ragam olahraga bisa dilakoni, salah satunya pilates. Pilates yang mirip yoga ini dapat menyehatkan tubuh.

Pilates adalah salah satu metode olahraga untuk melatih fisik yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh. Prinsip pilates menyatukan pemahaman antara jiwa dan raga sehingga saling bekerja sama membantu menyegarkan tubuh dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Ampuh Turunkan Berat Badan, Kenali 3 Manfaat Pilates 

Pilates memiliki banyak dampak positif, seperti dialami wanita bernama Afina Candarini yang menderita skoliosis. Berkat rutin olahraga pilates, skoliosis yang dideritanya berangsur sembuh.

Manfaat pilates juga dirasakan Istafiana yang pernah bermasalah dengan pinggulnya usai melahirkan. Dahulu ia harus melakukan pijat setiap dua hari sekali akibat sakit tersebut.

Baca juga: Hamil Muda, Irish Bella Rutin Pilates agar Tetap Sehat Selama Pandemi 

"Kalo aku tuh dulu setelah lahiran ada masalah di pinggul, jadi sakit pinggang, sakit kaki, sakit pokoknya. Pijat dua hari sekali," ucapnya di lokasi pilates kawasan Jakarta Selatan, Jumat 1 Juli 2022.

Akhirnya dia pun memutuskan melakukan pilates. Dari situ dirinya banyak belajar banyak hal dan kini keadaan tubuhnya sehat serta bugar.

Menurut dia, pilates seperti bengkel yang membetulkan struktur tubuh. "Kenal pilates aku kenalan sama badan sendiri, jadi jalan dibenerin, terus belajar stretching yang bener, sampai sekarang aku enggak ada pegal-pegal," ungkapnya.

Baca juga: Manfaat Pilates bagi Yeri Red Velvet, Bikin Pikiran dan Tubuh Lebih Stabil 

Baca juga: 4 Latihan Pilates untuk Bantu Menurunkan Berat Badan 

1
2