Share

5 Cara Alami Menenangkan Saraf Gigi yang Sakit Nyut-nyutan

Syifa Fauziah, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 20:35 WIB
$detail['images_title']
Saraf gigi yang sakit dapat mengganggu (Foto: Boldsky)

SARAF gigi yang sakit terasa nyut-nyutan pastinya akan membuat seseorang tidak nyaman. Aktivitas sehari-hari terasa seperti berhenti jika sudah sakit gigi menyerang. 

Biasanya sakit gigi muncul karena banyak faktor, salah satunya adalah gigi bolong. Bagi Anda yang sedang mengalami sakit pada saraf gigi tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang pastinya aman sebagai cara menenangkan saraf gigi yang sakit.

Berikut 5 bahan alami yang dapat menenangkan saraf gigi yang sakit seperti dirangkum dari Stptdentist.com,

1. Es batu

Es Batu

Cara menenangkan saraf gigi yang sakit bisa dengan es batu. Efek dingin es batu dapat membantu meringankan sakit pada saraf gigi. Caranya sangat mudah. Anda perlu siapkan beberapa es batu kemudian bungkus dengan kain dan kompres ke area pipi yang sakit. Lakukan hingga sakit mereda.

BACA JUGA : Tak Rawat Gigi Palsu Bisa Bikin Gigi Lain Berlubang Loh

2. Daun jambu biji

Sifat anti inflamasi dan anti mikroba pada daun jambu dapat membantu menenangkan menenangkan saraf gigi yang sakit. Caranya sangat mudah. Cuci daun jambu biji hingga bersih kemudian kunyah daun jambu biji ke gigi yang sakit.

BACA JUGA : Sakit Gigi Menyerang di Malam Hari? Coba Redakan dengan 5 Bahan Alami Ini

3. Bawang putih

Selain melawan bakteri, bawang putih juga merupakan bahan alami pereda nyeri. Anda bisa membuat pasta dari bawang putih yang dihancurkan untuk dioleskan ke gigi. Atau cara lainnya Anda bisa mengunyah setengah siung bawang putih segar atau merendam bola kapas dalam minyak bawang putih dan meletakkannya di gigi Anda.

4. Kantong teh

Cara lainnya adalah dengan kantong teh. Pastikan kantong teh yang dikompreskan ke gigi masih dalam keadaan hangat yah. Jika Anda suka sensasi dingin, bisa juga simpan kantong teh ke kulkas setelah dingin baru kompreskan ke gigi. Anda bisa pilih teh peppermint. Kandungan bahan aktif didalamnya dapat melawan bakteri penyebab sakit gigi.

5. Rumput gandum

Rumput gandum juga berguna untuk mengobati sakit gigi. Kandungan antibakteri dan antimikroba pada rumput gandum dapat meredakan sakit gigi. Caranya dengan haluskan rumput gandum hingga menjadi jus lalu kumur-kumur. Lakukan dua kali kali sehari agar efeknya bisa terasa.

1
2