Share

Dokter Beberkan 5 Faktor Penentu Fatalitas pada Infeksi Paru

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 16:45 WIB
$detail['images_title']
Infeksi paru (Foto: Freepik)

KEMATIAN memang jadi dampak paling fatal dari infeksi paru-paru. Secara medis, tingkat fatalitas pada infeksi paru-paru diketahui beragam.

Tingkat fatalitas pada infeksi paru ini sendiri dipicu oleh berbagai faktor, disampaikan Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), fatalitas infeksi paru tergantung pada kurang lebih lima faktor.

Apa saja lima faktor tersebut? Sebagaimana dijelaskan dr. Agus, saat dihubungi MNC Portal, Jumat (1/7/2022), berikut di bawah ini ulasan singkatnya.

1. Jenis bakteri atau virus atau jamur: Pada faktor ini, dilihat dari jenis bakteri, virus atau jamur apakah tidak ganas atau termasuk ganas. Apabila tidak ganas, infeksi paru cenderung ringan, tapi kalau jenisnya ganas infeksi paru bisa lebih berat dan berakibat fatal.

2. Imunitas: Jika sistem kekebalan tubuh atau imunitas buruk, pneumonia yang merupakan salah satu jenis penyakit infeksi paru cenderung berat dan luas.

3. Komorbid: Bagi seseorang yang mengidap sakit pneumonia, jika memiliki penyakit penyerta (komorbid), maka infeksi parunya cenderun lebih berat.

4. Usia: Usia juga jadi salah satu faktor yang mempengaruhi fatalitas, sebab semakin lanjut usia seseorang saat terkena infeksi paru. Dokter Agus menyebut, pasien tersebut mempunyai risiko fatalitas infeksi paru lebih berat.

5. Pengobatan yang didapat: Dalam pengobatan bila dilakukan sedini mungkin, diobati dengan antibiotik (jika karena bakteri), antivirus ( jika disebabkan virus), antijamur ( karena disebabkan jamur) infeksi lebih bisa diatasi. Bila terlambat diobati, infeksi lebih berat dan lebih sulit diatasi.

BACA JUGA:Mengenal Pneumonia, Salah Satu Penyebab Infeksi Paru yang Mematikan

BACA JUGA:Selain Kerusakan Jaringan, Infeksi Paru Ternyata Bisa Sebabkan Kematian

1
2