Share

Gagal Organ Hingga Kematian, Komplikasi Berbahaya Akibat Infeksi Paru-paru

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 15:43 WIB
$detail['images_title']
Infeksi paru (Foto: Freepik)

INFEKSI yang berawal di paru-paru tak boleh dianggap remeh, sebab diawali infeksi paru ini lah bisa memicu terjadinya komplikasi berbahaya yang mengancam kesehatan.

Contoh paling sederhana, jika pasien yang mengalami infeksi paru-paru dengan disertai gangguan pernafasan, maka harus mendapat bantuan alat pernafasan (ventilator) atau dirawat secara intensif di rumah sakit.

"Infeksi paru yang disertai gagal napas umumnya harus masuk icu dan sering dengan alat bantu napas atau ventilator," kata Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (1/7/2022).

Lantas komplikasi berbahaya apa saja yang bisa muncul berkembang, bila seseorang sudah terkena infeksi paru-paru? Sebagaimana dituturkan Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), berikut di bawah ini empat uraian singkat komplikasi berbahaya akibat infeksi paru-paru.

1. Gagal bernapas: Kondisi yang menggambarkan seseorang sulit bernapas normal, karena oksigen tidak bisa masuk ke dalam darah akibat adanya infeksi luas pada paru.

2. Sepsis: Kondisi ketika infeksi yang sudah menyebar dari paru ke seluruh tubuh dan ke organ-organ lainnya. Alhasil bisa menyebabkan tekanan darah turun drastis. 

3. Gagal organ: Kerusakan organ tubuh akibat infeksi yang menyebar dan tidak teratasi lagi.

4. Kematian: Infeksi paru menyebabkan kerusakan jaringan paru, apabila kerusakan jaringan paru meluas maka membuat gangguan oksigen masuk ke dalam darah sehingga pasien menjadi sesak napas. Pada kondisi berat dan luas inilah yang bisa mengakibatkan gagal nafas dan berisiko kematian.

BACA JUGA:Menpan-RB Tjahjo Kumolo Sakit Infeksi Paru, Kenali 12 Jenisnya Beserta Gejala

BACA JUGA:Mengenal Pneumonia, Salah Satu Penyebab Infeksi Paru yang Mematikan

1
2