Share

5 Cara Mencegah Infeksi Paru Seperti yang Diderita Tjahjo Kumolo

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 13:54 WIB
$detail['images_title']
Tjahjo Kumolo meninggal sakit infeksi paru (Foto: Okezone)

MENPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022). Sebelum menghembuskan napas terakhir, Menteri Tjahjo sempat dirawat di rumah sakit beberapa waktu.

Kepergian sang menteri tentu menjadi duka berat bagi keluarga dan sanak saudara.

Sebelum meninggal Tjahjo Kumolo sakit infeksi paru. Apa itu infeksi paru?

Penyakit infeksi paru ini menimbulkan infeksi dan radang yang memengaruhi bagian saluran udara sampai kantong udara paru. Penyakit ini bisa menyebabkan nanah dan lendir menumpuk di paru. Akibatnya saluran udara jadi bengkak sehingga penderita merasa sesak napas.

 Tjahjo Kumolo

Nah, terdapat berbagai cara untuk mencegah terkena infeksi paru sebagai berikut ini. Dicoba yuk!

1. Berhenti merokok dan tidak usah pakai vape

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Agus Dwi Susanto, SpP(K) menjelaskan, rokok menyebabkan 8 juta kematian tiap tahunnya dan merupakan penyebab utama munculnya penyakit paru. Hal ini karena rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia dan sebagian besar adalah racun yang dapat menyebabkan kanker.

Bagi Anda yang sudah merokok, disarankan untuk berhenti agar dapat mengembalikan beberapa kerusakan yang ditimbulkan asap rokok pada paru. Berhenti merokok juga penting untuk mencegah terjadinya penyakit paru kronik.

Begitu juga dengan vape atau rokok elektronik yang sudah banyak bukti dapat merusak jaringan paru dan menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi paru dan kanker paru. Emisi yang dikeluarkan oleh alat tersebut juga berbahaya untuk paru.

 BACA JUGA:Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Anak: Mohon Maaf Jika Ada Salah

2. Lindungi paru dengan cara vaksinasi

Seperti kita ketahui, vaksin bekerja dengan cara pengenalan dan menyiapkan sistem imun untuk mengenali dan melawan virus serta bakteri. Nah, vaksinasi juga dapat melindungi dari beberapa penyebab penyakit infeksi paru dan menjaga kesehatan paru.

Pneumonia pneumokokal, Covid-19, influenza dan pertussis merupakan beberapa penyakit infeksi pernapasan yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Tak hanya melindungi diri sendiri, vaksinasi juga membantu melindungi orang lain. Vaksinasi pun dapat menghentikan penyebaran infeksi.

3. Menghindari polusi udara

Polusi udara diperkirakan telah membunuh sekitar 7 juta manusia tiap tahunnya. Data WHO menunjukkan, 9 dari 10 orang bernapas dengan udara yang mengandung kadar polutan tinggi. Polusi udara memiliki dampak negatif bagi kesehatan manusia dan pajanannya dapat mempengaruhi populasi manusia, mulai dari bayi sampai dengan lanjut usia.

4. Pakai masker

Pakai masker cukup efektif mencegah penularan berbagai penyakit seperti flu dan Covid-19 yang bisa menginfeksi paru. Selain itu masker juga melindungi diri dari paparan debu dan rokok guna melindungi saluran pernapasan.

5. Olahraga teratur

Olahraga dengan teratur meningkatkan kualitas hidup seseorang. Olahraga dapat memberi dampak positif pada kesehatan jantung, penurunan berat badan, mengurangi risiko penyakit seperti diabetes, hingga menjaga kesehatan paru dan meningkatkan kekuatan paru.

Sebab, saat berolahraga, denyut jantung akan bertambah cepat dan kerja paru akan bertambah. Badan pun akan lebih membutuhkan oksigen sebagai bahan bakar untuk otot, kemudian paru akan meningkatkan aktivitasnya untuk menghantarkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida.

Paru-paru juga akan mengembang saat tubuh beraktivitas jika dibandingkan saat istirahat, hal inilah yang mencegah kompresi area paru di bagian bawah.

1
2