Share

5 Cara Mengobati Alergi Kulit Bentol dengan Bahan Alami

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 19:00 WIB
$detail['images_title']
Cara Mengobati Alergi Kulit Bentol (Foto: Boldsky)

CARA mengobati alergi kulit bentol penting untuk diketahui. Ada cara mengobati gatal alergi secara alami yang mudah dilakukan dan tidak mengeluarkan banyak biaya.

Alergi sebenarnya bisa terjadi kepada siapa saja, tentunya banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami alergi, yakni dari makanan, debu maupun faktor genetik berupa turunan dari orangtua.

Apalagi alergi yang menyebabkan gatal di kulit dapat sangat mengganggu. Pruritus, atau yang disebut kulit gatal, bisa membuat seseorang tidak nyaman atau bahkan frustrasi. Berikut cara mengobati alergi kulit bentol secara alami yang dirangkum dari Boldsky, Jumat (1/7/2022).

Teh Basil

Cara Mengobati Alergi Kulit Bentol

(Cara Mengobati Alergi Kulit Bentol, Foto: Boldsky)

Kandungan eugenol pada teh basil mampu mengatasi iritasi pada kulit. Rendam kain ke dalam teh basil hangat. Kemudian aplikasikan pada kulit Anda yang gatal. Lakukan secara rutin untuk meredakan iritasi.

BACA JUGA : Kenali Ciri-Ciri Biduran yang Harus Diwaspadai

Lemon

Tidak hanya melancarkan sistem pencernaan, lemon juga berkhasiat mengatasi kulit yang gatal lho. Gunakan perasan lemon yang ditambah dengan minyak kelapa, oleskan pada bagian kulit yang iritasi. Lemon mengandung zat antiinflamasi untuk mengatasi iritasi yang terjadi.

BACA JUGA : Cara Mudah Menghilangkan Biduran di Wajah

Lidah buaya

Beruntung bagi Anda yang memiliki tanaman lidah buaya. Gel lidah buaya dapat meredakan iritasi dan inflamasi. Oleskan gel lidah buaya pada kulit yang terpapar iritasi.

Oleskan mentol

Mentol adalah minyak esensial yang ditemukan pada tanaman dari keluarga mint. Minyak ini memiliki efek mendinginkan dan dapat membantu menghilangkan rasa sakit serta gatal.

Sebuah studi pada 2012 menyelidiki apakah minyak peppermint, yang mengandung mentol, dapat secara efektif mengobati kulit gatal pada wanita hamil. Peneliti membagi partisipan menjadi dua kelompok. Satu kelompok menerima sebotol minyak wijen yang diresapi dengan konsentrasi minyak peppermint 0,5 persen. Kelompok lainnya menerima botol berisi kombinasi wijen dan minyak zaitun.

Peserta mengoleskan minyak tersebut ke area kulit yang gatal dua kali sehari selama 2 minggu. Mereka yang menggunakan minyak infus peppermint memiliki penurunan tingkat kegatalan yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang menggunakan produk lain.

Oatmeal koloid

Oatmeal koloid dapat meredakan gatal dan kekeringan pada kulit. Oatmeal koloid adalah oatmeal yang digiling halus sehingga dapat dilarutkan dalam air. Hal ini dapat membentuk penghalang atau pelindung pada permukaan kulit yang membantu menyegel kelembapan.

Oatmeal koloid juga diketahui memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Keduanya bisa membantu mengurangi iritasi kulit. Sebuah penelitian pada 2015 menemukan bahwa oatmeal koloid mengurangi penskalaan, kekeringan, kekasaran, dan intensitas gatal pada wanita sehat dengan rasa gatal ringan hingga sedang.

1
2