Share

Reinfeksi Covid-19 Bisa Sebabkan Komplikasi?

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
Covid-19 test (Foto: Freepik)

SEMBUH dari infeksi Covid-19 ternyata bukan berarti ancaman akan infeksi virus satu ini langsung hilang sepenuhnya.

Ancaman lainnya pun bisa timbul, paska sembuh dari Covid-19 pun seseorang bisa kembali terinfeksi (reinfeksi). Nah, reinfeksi inilah yang disebut mampu memicu risiko komplikasi.

Hal ini terungkap melalui suatu studi penelitian oleh Fakultas Kedokteran Universitas dan VA di Saint Louis. Data dari penelitian mendapati bahwa ada risiko rawat inap yang lebih tinggi dan komplikasi kesehatan yang bertahan lama, setelah setiap infeksi ulang (reinfeksi) oleh virus, terlepas dari status vaksinasi orang tersebut.

Risiko komplikasi semakin tinggi mengikuti kuantitas infeksi Covid-19 yang dialami. Semakin sering terkena Covid-19, makin tinggi pula risikonya.

"Risiko terendah pada orang dengan satu infeksi, meningkat pada orang dengan dua infeksi, dan tertinggi pada orang dengan tiga atau lebih infeksi,” mengutip TimesofIndia, Sabtu (2/7/2022)

Penelitian ini menyelidiki dampak berbagai infeksi Covid pada sistem kekebalan tubuh. Menunjukkan yang terinfeksi ulang dengan virus SARS-CoV-2 lebih dari satu kali, memiliki peningkatan risiko komplikasi kesehatan, seperti komplikasi kardiovaskular, paru-paru dan pembekuan darah.

Ahli kesehatan mengatakan, Covid-19 menginfeksi karena masuk ke dalam tubuh manusia melalui hidung dan tenggorokan.

"Kekebalan pada lapisan mukosa di daerah ini cenderung bertahan dalam waktu singkat dibanding kekebalan sistemik di seluruh tubuh," jelas profesor kedokteran, Prof. Paul Hunter dilansir dari The Conversation

Lebih lanjut, reinfeksi yang terjadi karena virus bermutasi, ternyata bisa tidak dikenali oleh antibodi sudah yang terbentuk sebelumnya. Selain itu bisa juga karena sistem imun yang sudah menurun, jika dibandingkan sejak terakhir terinfeksi atau divaksinasi.

BACA JUGA: Mengenal Penyakit Infeksi Paru yang Diderita Tjahjo Kumolo

BACA JUGA:Menpan RB Tjahjo Kumolo Sebelum Meninggal Sempat Idap Infeksi Paru-paru, Ini Jenis dan Gejalanya

1
2