Share

Mengenal Penyakit Infeksi Paru yang Diderita Tjahjo Kumolo

Jum'at 01 Juli 2022 12:22 WIB
$detail['images_title']
Tjahjo Kumolo meninggal sakit infeksi paru (Foto: Okezone)

MENTERI Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Sebelum meninggal Tjahjo Kumolo sakit infeksi paru. Apa itu infeksi paru?

Penyakit infeksi paru ini menimbulkan infeksi dan radang yang memengaruhi bagian saluran udara sampai kantong udara paru. Penyakit ini bisa menyebabkan nanah dan lendir menumpuk di paru. Akibatnya saluran udara jadi bengkak sehingga penderita merasa sesak napas.

Tjahjo Kumolo

Penyebab infeksi paru antara lain bakteri, jamur, virus, juga karena merokok.

Apa saja gejala infeksi paru?

1. Batuk berdahak

Seperti dilansir dari Healthline, jika terus-menerus batu berdahak selama berminggu-minggu maka patut waspada infeksi paru. Batuk berdahak akibat infeksi paru sering disertai darah, lendirnya kuning, putih, kehijauhan.

2. Dada sakit sekali

Dada sakit sakit sekali seperti ditusuk-tusuk dan nyeri. Masalah kesehatan ini juga bisa jadi tanda infeksi paru.

Rasa nyerinya juga makin memburuk saat digunakan untuk batuk atau bernapas dalam-dalam. Terkadang, rasa sakit tersebut menjalar dari dada sampai ke punggung tengah dan atas.

 BACA JUGA:Sebelum Wafat, Menteri Tjahjo Kumolo Sempat Jalani Perawatan Intensif di RS

3. Demam tinggi

Bisanya penderita infeksi paru mengalami demam tinggi. Sebab demam merupakan salah satu mekanisme tubuh saat melawan infeksi.

4. Pilek

Gejala infeksi paru lainnya yakni pilek dan bersin-bersin. Pilek dan bersin biasanya muncul pada infeksi paru -paru seperti bronkitis.

5. Sesak napas

Infeksi paru menyebabkan sesak napas. Saat bernapa rasanya dada begitu sesak dan susah.

6. Mudah merasa lelah

Penderita infeksi paru biasanya mudah lelah sebab tubuh bekerja keras untuk melawan infeksi. Selama terkena infeksi paru memang wajib istirahat untuk pemulihan.

1
2