Share

WHO Peringatkan Cacar Monyet Mulai Serang Anak-Anak

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 11:14 WIB
$detail['images_title']
Cacar monyet merebak di sejumlah negara (Foto: BBC)

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) prihatin karena virus cacar monyet mulai menyebar di antara kelompok-kelompok rentan, seperti wanita hamil, orang dengan gangguan kekebalan, dan anak-anak.

Seperti dilansir dari Livemint, WHO sedang menyelidiki laporan anak-anak yang terinfeksi cacar monyet. Terdapat anak-anak kena cacar monyet, dua kasus di Inggris, lalu di Spanyol dan Prancis.

 cacar monyet

Tak satu pun dari kasus pada anak-anak yang mengalami cacar monyet parah. Namun ini sebuah warning bahwa cacar monyet mulai menyerang anak-anak.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Mohammad Syahril menjelaskan, cacar monyet bisa menular dari ibu ke bayi melalui transmisi atau plasentanya.

Nah, masa inkubasi monkeypox 5 sampai 13 hari atau 5 sampai 21 hari. Di mana dua periode, pertama masa invasi, terjadi 0 sampai 5 hari terjadi demam tinggi, sakit kepala yang berat, dan terdapat benjolan atau pembesaran kelenjar limfa di leher, kemudian diketiak, atau selangkangan.

Kedua, masa erupsi, terjadi 1 sampai 3 hari pasca demam, terjadi ruam pada kulit, ruam pada wajah, telapak tangan, kaki, mukosa, alat kelamin, dan selaput lendir mata.

 BACA JUGA:WHO Ungkap 3 Kelompok Paling Berisiko Terinfeksi Cacar Monyet

“Cacar monyet ini bisa sembuh sendiri setelah 2-4 minggu pasca-masa inkubasinya selesai. Penyakit ini akan sembuh sendiri tidak terlalu berat. Dari negara-negara yang melaporkan kasus monkeypox hanya sekitar 10% pasien dirawat di rumah sakit,” ujar Syahril.

Sampai saat ini belum ada kasus kematian yang disebabkan oleh monkeypox di negara-negara yang sudah melaporkan.

“Kita diimbau untuk tetap tenang dan tetap waspada karena ini juga sangat menular dan membuat tidak nyaman bagi kita semua,” tuturnya.

Hal yang perlu diperhatikan, lanjut Syahril adalah adanya komplikasi yakni infeksi sekunder, bronkopneumonia, maupun sepsis, ensefalitis, infeksi kornea sehingga menyebabkan kebutaan.

1
2