Share

BPOM Amerika Minta Produsen Vaksin Ubah Desain Booster

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 12:30 WIB
$detail['images_title']
Vaksin Covid-19 (Foto: Freepik)

SEIRING dengan perkembangan subvarian BA.4 dan BA.5 Omicron di dunia yang semakin pesat dan membuat kenaikan angka kasus positif di banyak negara, termasuk Amerika. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) meminta para produsen vaksin Covid-19 mengubah desain vaksin untuk booster.

Perubahan desain tersebut, ialah dengan memasukkan komponen yang dirancang khusus, diformulasikan untuk bisa memerangi subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) subvarian BA.4 dan BA.5 sekarang, diperkirakan jadi dalang yang menyumbang lebih dari 50 persen kasus infeksi di negeri Paman Sam tersebut.

Lebih lanjut, FDA mengatakan produsen pengembang vaksin tidak perlu mengubah vaksin untuk seri vaksinasi primer. Sebagaimana tahun mendatang akan menjadi masa transisi, ketika vaksin booster yang dimodifikasi ini dapat diperkenalkan.

 

(Foto: Freepik)

Suntikan booster baru menjadi vaksin bivalen, yang berarti dosis ini akan menargetkan virus asli serta subvarian Omicron sekaligus.

Sementara, para ilmuwan menyarankan bahwa memperkenalkan booster yang didesain ulang, dapat memacu rentang respons imun yang lebih luas dan bisa saja juga ampuh memberikan perlindungan terhadap calon varian baru di masa mendatang. Demikian sebagaimana diwarta Channel News Asia, Jumat (1/7/2022).

BACA JUGA:Amerika Siapkan 1,5 Juta Dosis Vaksin Cacar Monyet

BACA JUGA:Pfizer dan Moderna Siapkan Vaksin Booster Khusus Varian BA.1 Omicron

1
2