Share

Sering BAB? Hati-Hati Gejala Awal dari Covid-19

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 16:25 WIB
$detail['images_title']
Sering BAB (Foto: Everyday health)

GEJALA Covid-19 pada umumnya adalah batuk, sesak napas dan demam tinggi. Namun ternyata ada beberapa gejala Covid-19 lainnya yang terabaikan, seperti sering buang air besar (BAB) ke toilet.

Para ilmuwan masih terus mempelajari gejala-gejala infeksi virus corona Covid-19, selain batuk dan demam. Mereka menemukan beberapa indikator menunjukkan sering BAB sebagai salah satu tanda kena Covid-19.

 BAB

Hal tersebut juga sesuai studi tinjauan dari September 2020, sekitar 53% orang yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 mengalami, satu gejala gastrointestinal (GI) selama penyakit mereka.

"Gejala (GI) umum terjadi, dengan sepertiga pasien dengan Covid-19 pertama kali menunjukkan gejala GI. Mual dan muntah mungkin ada. pada hingga dua pertiga pasien Covid-19. Sekitar 40% pasien Covid-19 akan kehilangan nafsu makan, dan hingga 50% akan mengalami diare sehingga sering BAB. Nyeri perut lebih jarang, terjadi pada kurang dari 10%, ” menurut The American Journal of Emergency Medicine pada Januari 2022, dilansir Times of India, Kamis (30/6/2022).

Sehubungan dengan itu, menurut aplikasi Studi Gejala Covid Zoe, diare adalah gejala Covid. "Diare yang disebabkan oleh Covid-19 mirip dengan sakit perut yang mungkin Anda alami akibat penyakit perut biasa, seperti rotavirus atau norovirus," kata Study App.

 BACA JUGA:Bayi 18 Bulan Positif Covid-19 Meninggal, Kasus Kematian Pertama di Singapura

Lebih lanjut, yang perlu dipahami oleh masyarakat bahwa masih ada gejala Covid-19 lainnya, umum dirasakan termasuk yaitu demam, batuk, kelelahan, nyeri tubuh, kehilangan indra penciuman dan perasa, dan banyak lagi.

(DRM)