Share

Suami Kourtney Kadarshian Menderita Pankreatitis, Penyakit Apa Itu?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 13:37 WIB
$detail['images_title']
Suami Kourney Kadarshian sakit (Foto: Inst)

SUAMI Kourtney Kadarshian yang juga drummer Blink-182, Travis Barker dilarikan ke rumah sakit Selasa lalu. Ia disebut menderita pankreatitis.

Seperti dilansir dari LA Times, ia dilarikan ke rumah sakit karena pankreatitis. Lalu apa itu penyakit pankreatitis?

 Travis Barker

Pankreatitis merupakan radang pada organ pankreas yang terjadi secara tiba-tiba. Pankreas merupakan kelenjar besar yang terletak di belakang perut, tepatnya dekat dengan bagian pertama usus kecil (duodenum).

Nah, radang pankreas bisa terjadi sebagai akibat dari minum alkohol berlebihan. Radang ini bisa melibatkan rasa sakit perut kronis yang bisa berlangsung selama berbulan-bulan bahkan tahunan. Dalam beberapa kasus setiap satu kali makan makan dapat membuat rasa sakit parah, pada penderita.

Gejala pankreatitis antara lain sakit perut, rasa nyeri kronis, berat badan bermasalah, dan kotoran berbau menyengat.

Untuk mengurangi rasa sakit, penderita bisa membungkuk ke depan atau pengeritingan dalam posisi janin dapat meringankan rasa sakit, sementara makan atau minum cenderung membuatnya lebih buruk.

Biasanya penyumbatan bersifat sementara, yang berlangsung beberapa hari, dan gejala menghilang ketika batu empedu tersebut copot.

Kasus ringan dari pankreatitis akut umumnya membaik dalam seminggu. Sedang untuk kasus yang parah mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk masa penyembuhannya.

 BACA JUGA:6 Obat Alami Paling Ampuh Atasi Sakit Perut yang Tak Kunjung Sembuh

Pankreatitis kronis biasanya menyebabkan kerusakan permanen pada pankreas. Hilangnya fungsi pankreas dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk mencerna nutrisi dengan benar.

(DRM)