Share

Travis Barker Masuk Rumah Sakit Diduga karena Pankreatitis, Apa Gejalanya?

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
Pankreatitis (Foto: Freepik)

DRUMMER Blink 182 Travis Barker diketahui tiba-tiba dilarikan ke rumah sakit di Los Angeles baru-baru ini.

Kabarnya, sebelum dilarikan ke rumah sakit, suami Kourtney Kardashian itu sempat mengalami rasa sakit luar biasa pada perutnya dan bahkan tidak bisa berjalan. Lanjut diketahui, seperti dilapor TMZ, Travis mengalami inflamasi di pankreasnya setelah menjalani prosedur kolonoskopi, dikutip Page Six, Jumat (1/7/2022).

Apa yang diduga dialami Travis, inflamasi di pankreas (yang terletak di belakang perut dan dekat usus kecil) atau pankreatitis mungkin terdengar tidak terlalu familiar. Pankreatitis adalah peradangan pankreas, yang mana pankreas sendiri bertugas sebagai organ yang melepaskan enzim untuk membantu kita mencerna makanan dan juga mengatur bagaimana tubuh mengelola glukosa.

Pankreatitis disebutkan bisa muncul dan hilang dalam waktu singkat, atau yang terburuknya bisa berkembang jadi penyakit kronis. Pankreatitis sendiri, umumnya akut atau kronis. Perawatan untuk setiap kasus pankreatitis tergantung pada tingkat keparahan gejala.

Nah, apa saja gejala dari pankreatitis? Mengutip Healthline, Jumat (1/7/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh Saurabh Sethi, M.D., MPH, kebanyakan orang yang menderita pankreatitis akut atau kronis biasanya mengalami nyeri perut di bagian kiri tengah atas sebagai gejala utama.

Selain rasa nyeri di perut bagian kiri tengah atas, gejala pankreatitis akut lainnya juga bisa timbul, yakni mulai dari rasa sakit yang dimulai perlahan atau tiba-tiba di perut bagian atas, sakit yang menyebar ke punggung, nyeri ringan atau berat, demam,mual,muntah,perut bengkak atau nyeri dan detak jantung berdegup cepat. 

BACA JUGA:Kenali Sederet Gejala Serangan Stroke, Si Silent Killer

 BACA JUGA:Ganja Medis Viral Terkait Penyakit Cerebral Palsy, Bagaimana Gejalanya?

Sementara untuk pankreatitis kronis, biasanya pasien mengalami sakit di perut bagian atas atau malah justru tidak sakit sama sekali, rasa sakit menjalar ke punggung, sakit yang bertambah setelah makan, diare,mual, penurunan berat badan, hingga muntah.

Sebagai informasi, orang yang mengidap pankreatitis kronis juga bisa mengalami steatorrhea, ketika tinja berlemak dan mengeluarkan bau busuk.

Steatorrhea ini bisa jadi tanda malabsorpsi., artinya orang tersebut tidak mendapatkan semua nutrisi penting karena pankreas tidak mengeluarkan cukup enzim pencernaan untuk memecah makanan.

1
3