Share

Viral Pria Mengira Wajahnya Muncul Jerawat Ternyata Herpes Zoster, Penyakit Apa Itu?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 12:07 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi sakit herpes zoster (Foto: Wikimedia)

VIRAL di TikTok seorang pria mengira terkena jerawat. Ternyata saat diteliti lebih lanjut hal itu bukan jerawat.

Akun Tiktok @cimolkentang menjelaskan, wajahnya yang dikira berjerawat ternyata kena infeksi virus herpes zoster.

 herpes zoster

Lalu apa sih herpes zoster?

Herpes zoster adalah ruam di kulit yang terasa sakit, disebabkan oleh virus varicella zoster. Penyakit ini biasanya dialami oleh orang yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah dikarenakan stres, obat-obatan, atau kondisi lainnya.

Apa penyebab herpes zoster?

Setelah Anda terkena dan sembuh dari cacar air, virus tersebut akan menetap dalam jaringan saraf Anda, namun dalam keadaan “tidur” alias dorman. Herpes zoster muncul ketika virus yang menyebabkan cacar air ini “bangun” atau hidup kembali di dalam tubuh Anda.

Pada sebagian orang, virus tersebut akan tidur selamanya. Namun pada sebagian orang lainnya, virus tersebut dapat terbangun. Pencetusnya adalah penyakit, stress, penuaan, atau kondisi lainnya yang menurunkan imunitas tubuh.

 BACA JUGA:Kenali 10 Penyebab Bibir Kebas dan Kesemutan, Bisa Herpes hingga Lupus

Nah, saat virus penyebab cacar tersebut aktif kembali, ia akan menyebabkan herpes zoster pada tubuh Anda, bukan cacar air. Jadi, orang yang terkena herpes jenis ini adalah orang-orang yang sebelumnya sudah pernah terkena cacar air. Herpes jenis ini juga bisa terjadi walaupun cacar air yang pernah diderita sebelumnya tidak begitu tampak (subklinis).

Apa saja ciri dan gejala herpes zoster?

Ruam-ruam di kulit akibat penyakit ini hanya akan muncul pada salah satu bagian tubuh Anda. Hal ini dikarenakan virus tersebut hanya menyerang bagian saraf tertentu saja.

Penyakit ini biasanya ditangani dengan obat-obatan, seperti obat anti-virus dan anti-nyeri. Jika Anda mengalami tanda dan gejala yang mengarah ke herpes zoster, segeralah ke dokter. Pengobatan anti-virus yang dimulai secara dini dapat menyembuhkan ruam dengan lebih cepat dan lebih tidak nyeri.

1
2