Share

Pfizer Akan Uji Coba Vaksin Universal untuk Virus Corona Pada Manusia

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 11:45 WIB
$detail['images_title']
Vaksin Covid-19 (Foto: Freepik)

SALAH satu produsen vaksin Covid-19 asal Jerman, BioNTech, baru saja mengumumkan perkembangan dari pengembangan vaksin universal untuk virus Corona yang tengah digarap.

Bersama Pfizer, BioNTech menyebut mereka akan memulai tes atau uji coba pada manusia dari vaksin Covid-19 universal yang dikembangkan dengan tujuan bisa melindungi terhadap berbagai macam virus corona, mengutip Reuters, Kamis (30/6/2022).

Disebutkan lebih lanjut, garapan Pfizer dan BioNTech ini lebih dari pendekatan yang dipakai saat ini, termasuk suntikan peningkat sel-T, yang dirancang terutama untuk melindungi terhadap penyakit parah jika virus menjadi lebih berbahaya dan suntikan pan-coronavirus yang melindungi terhadap keluarga virus yang lebih luas beserta mutasinya.

BACA JUGA:Sudah Kantungi Sampel Omicron, Peneliti Indonesia Siap Kembangkan Vaksin Varian Khusus?

BACA JUGA:Apa Manfaat Vaksin Booster bagi Lansia?

BioNTech menyebutkan, tujuan dari vaksin universal vaksin Corona ini adalah untuk memberikan perlindungan yang lebih tahan lama terhadap varian virus penyebab infeksi Covid-19.

Saat ini dikabarkan, Pfizer dan BioNTech sedang berdiskusi dengan pihak regulator terkait vaksin Pfizer versi yang disempurnakan untuk varian Omicron dan subvariannya.

Sebagai informasi, dengan terjadinya mutasi terus-menerus dari virus yang berkembang menjadi varian baru. Alhasil membuat varian virus saat ini lebih mudah menghindari perlindungan yang diberikan oleh vaksin Covid-19.

1
2