Share

WHO Nilai Risiko Wabah Cacar Monyet Masih Level Sedang

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 23:14 WIB
$detail['images_title']
WHO (Foto: Reuters/ Denis Balibouse)

SEJAUH ini kasus infeksi cacar monyet dalam skala global, diketahui sudah menembus 3400 angka. World Health Network (WHN) bahkan baru-baru ini menyatakan kalau cacar monyet ini sudah level pandemi.

Meski demikian, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan baru-baru ini bahwa risiko wabah virus cacar monyet masih moderate atau dalam level yang masih sedang-sedang saja, seperti dikutip Fox News, Rabu (29/6/2022).

“Risiko keseluruhan dinilai sedang untuk di tingkat global, mengingat ini adalah pertama kalinya kasus dan klaster dilaporkan secara bersamaan di lima wilayah WHO,” bunyi pernyataan WHO.

Penilaian tersebut, bahkan ketika agensi kesehatan PBB tersebut mencatat jumlah kasus dari infeksi cacar monyet yang sebenarnya mungkin bisa lebih tinggi daripada yang tercatat. Menurut data WHO, sejak 22 Juni 2022, ada lebih dari 3400 kasus positif terkonfirmasi dan satu angka kematian dilaporkan ke WHO dari 50 negara dan wilayah.

Sementara untuk tingkat regional, risiko cacar monyet dianggap tinggi, contohnya di wilayah Eropa yang memang lokasi mayoritas kasus. Sedangkan di Wilayah WHO lainnya, risikonya dianggap sedang dengan mempertimbangkan pola epidemiologi, kemungkinan risiko masuknya kasus, serta kapasitas untuk mendeteksi kasus dan menanggapi wabah.

BACA JUGA:WHO: Ada 920 Kemungkinan Kasus Hepatitis Akut Pada Anak di Dunia

(rpa)