Share

Amerika Siapkan 1,5 Juta Dosis Vaksin Cacar Monyet

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 18:15 WIB
$detail['images_title']
Vaksin cacar monyet (Foto: Reuters/ Lukas Barth)

PEMERINTAH Amerika tampaknya bergerak cepat menanggulangi wabah infeksi virus cacar monyet yang tengah merebak saat ini.

Pasalnya, Departemen Kesehatan dan Pelayanan Kemanusiaan AS (HHS) mengumumkan pada Selasa 28 Juni lalu, bahwa sebanyak 56000 dosis vaksin cacar monyet, vaksin Jynneos sudah didistribusikan ke berbagai klinik kesehatan di Amerika saat ini.

Selanjutnya, sebanyak 240000 dosis akan siap dibagikan kembali dalam beberapa pekan ke depan.

“Kami melakukan segala yang kami bisa untuk menawarkan vaksin kepada mereka yang berisiko tinggi tertular virus. Strategi baru ini memungkinkan kami untuk memaksimalkan pasokan vaksin yang tersedia saat ini, dan menjangkau kelompok masyarakat yang paling rentan terhadap wabah cacar monyet,” ujar Xavier Becerra, sekretaris HHS.

BACA JUGA:Cacar Monyet Bisa Sembuh Sendiri, Asal....

BACA JUGA:Waspada! Angka Kematian Cacar Monyet Pada Anak Capai 10 Persen

Sebagai informasi, vaksin Jynneos ini merupakan satu-satunya vaksin cacar monyet yang disetujui di Amerika. Sama halna dengan vaksin Imvanex untuk di Eropa, yang juga disebut efektif untuk melawan infeksi cacar monyet.

Mengutip Fox News, Rabu (29/6/2022) masih dari pernyataan HHS, mereka juga akan menyiapkan 750000 dosis tambahan lagi yang diperkirakan siap tersedia pada musim panas ini lalu ditambah dengan 500000 dosis vaksin lagi pada akhir tahun 2022, sehingga totalnya sebanyak 1.546.000 dosis vaksin.

Vaksin diprioritaskan untuk kelompok orang yang paling berisiko, termasuk di antaranya pria yang berhubungan seks dengan pria, dan orang yang melakukan kontak dekat dengan pasien positif cacar monyet.

Vaksin Jynneos sebagai vaksin cacar monyet, digunakan dalam perhitungan dua dosis yang diberikan dengan selang waktu empat pekan antara pemberian dosis pertama dengan dosis kedua.

1
2