Share

Mau Ajak Anak Liburan? Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tetap Aman dari Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
Ajak anak berlibur (Foto: Freepik)

MUSIM libur sekolah sedang berlangsung saat ini. Jika Anda berencana untuk mengajak anak berlibur, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda dan si kecil aman dari Covid-19.

Mengingat saat ini kasus Covid-19 tengah kembali meningkat tajam, khususnya di DKI Jakarta. Kenaikan yang cukup berarti ini perlu jadi perhatian, salah satunya memastikan protokol kesehatan harus diperketat lagi.

"Di situasi seperti sekarang yang mana kasus Covid-19 naik lagi, walau tidak drastis, protokol kesehatan harus diketatkan lagi terlebih jika ingin mengajak anak liburan," kata Dr.dr. Retno Asti Werdhani, M.Epid, dalam gelaran Webinar 'Liburan Sehat, Anak Aman Covid-19' yang diinisiasi BNPB Indonesia baru-baru ini.

Lebih jelasnya, dr. Retno memaparkan ada lima hal yang harus orang tua perhatikan jika ingin mengajak anak untuk berlibur di masa liburan sekolah ini, agar tetap aman dari serangan Covid-19.

1. Pastikan orangtua sudah divaksin booster: Sebelum pergi liburan, pastikan orangtua sudah mendapat vaksin booster. Ini akan membuat si kecil punya perlindungan dari Covid-19. "Anak di bawah 6 tahun itu belum eligible divaksin. Makanya, penting bagi orangtua agar divaksin booster sebelum ajak anaknya liburan," terang dr. Retno

2. Bawa makan dan minum sendiri: Dengan membawa bekal makanan dan minuman sendiri, ini meminimalisir Anda sekeluarga mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak bisa dipastikan keamanan dan kebersihannya. "Kami menyarankan agar orangtua membawa bekal makan sendiri yang dibuat di rumah. Bawa air yang ditempatkan di termos bersih untuk memastikan keluarga hanya minum dari air yang terjamin kebersihannya," saran dokter yang bertugas sebagai Tim Pemberdayaan Masyarakat Bidang Dukungan Darurat Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 tersebut.

3. Bawa masker baru untuk ganti: Ini kerap diabaikan, padahal salah satu yang utama, karena masker perlu diganti setidaknya 4 jam sekali. Pastikan bawa masker ganti untuk Anda sekeluarga. Segera ganti masker kalau sudah jatuh atau basah, karena itu bisa memperbesar kemungkinan risiko virus penyebab penyakit masuk ke tubuh loh!

BACA JUGA:Kecemasan Hingga Agresif, Ancaman Kesehatan Anak Ketika Terlalu Sering Terpapar Gawai

BACA JUGA:5 Cara Ampuh Jaga Kesehatan Anak di Masa Melonjaknya Kasus Covid-19

4. Pakaikan anak masker: Menurut dr Yogi Prawira, Sp.A(K), Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), mengajak anak berlibur artinya harus memastikan si kecil pakai masker. "Kalau anaknya sudah berusia 2 tahun atau lebih, maka mereka sudah harus pakai masker. Ini penting bukan hanya mencegah Covid-19, tapi juga penyakit lain yang bisa menyerang si kecil di tempat liburan," terang dr Yogi.

5. Pilih lokasi outdoor: Dokter Yogi sangat menyarankan orang tua memilih tempat liburan outdorr, termasuk dengan sirkulasi udaranya baik. Ini memungkinkan virus Covid-19 tidak menyerang si kecil. "Kami sangat menyarankan liburan di tempat yang outdoor, sirkulasi udaranya baik. Ini meminimalisir anak terpapar virus penyakit, termasuk Covid-19," ungkapnya. Selain itu, agar orang tua bisa merasa lebih aman maka bisa pilih lokasi wisata yang sudah ada logo Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan) alias CHSE yang menandakan kalau lokasi wisata itu menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

1
3