Share

Apa Saja Tanda Prediabetes yang Jarang Disadari? Simak Yuk

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 23:31 WIB
$detail['images_title']
Rambut rontok gejala prediabetes (Foto: Park avenue dermatology)

BANYAK orang mengetahui penyakit diabetes. Namun sebelum diabetes ada masa prediabetes.

Nah, prediabetes merupakan kondisi gula darah terlalu tinggi namun tidak cukup tinggi untuk didiagnosis mengalami diabetes.

Biasanya, orang yang mengalami prediabetes memiliki kadar gula darah antara 140 dan 199 mg/dL dan gula darah puasa sekitar 100 dan 125 mg/dL. Sedangkan gula darah normal wajib kurang dari 140 mg/dl dan gula darah puasa sekitar 70 hingga 100 mg/d.

Gejala prediabetes sendiri seringkali tak disadari oleh penderitanya. Dilansir Boldsky, berikut lima gejala prediabetes yang wajib kamu pahami!

 bercak di kulit

1. Muncul bercak di kulit

Seorang prediabetes akan memiliki bercak kemerahan, cokelat atau kekuningan di bagian kulit. Ini disebut dengan istilah nekrobiosis lipodica. Penampilan kulit Anda tampak bersisik dan pembuluh darah terlihat jelas.

2. Punya asam urat

Anda yang mengalami prediabetes juga akan mengalami penumpukan asam urat dan membentuk kristal pada sendi, tendon dan tulang. Jika tak dicegah, Anda dengan mudah mengalami diabetes seumur hidup.

3. Kulit kapalan

Jika kulit Anda terasa kebas dan tampak menebal, hati-hati dengan gejala prediabetes. Biasanya dimulai dari bagian jari tangan atau kaki, serta menyebar ke seluruh tubuh.

4. Rambut rontok

Rambut rontok juga dapat dikaitkan dengan resistensi insulin. Ini adalah ciri khas dari prediabetes yang bisa berubah jadi diabetes tipe 2.

 BACA JUGA:7 Obat Diabates Alami yang Gampang Dicari di Sekitar Kita

5. Kelelahan

Jika terus-menerus merasa lelah sebaiknya jangan diabaikan. Itu merupakan salah satu tanda Anda mengalami prediabetes. Hal ini disebabkan karena resistensi insulin, yang mengakibatkan gula darah tidak mengubah jadi energi yang normal.

(DRM)