Share

Trik Bisa Tidur Siang Berkualitas Saat di Kantor, Minum Kopi Dulu!

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
Tidur siang di kantor, (Foto: Freepik)

MINUMAN kopi identik dengan minuman yang bisa membuat seseorang sulit tidur. Tapi hal ini ternyata tidak berlaku untuk penerapan tidur siang.

Sebab, justru minuman kopi ini disebut bermanfaat agar bisa mendapatkan tidur siang yang nyenyak berkualitas meski durasinya singkat atau biasa disebut power nap, terutama di tengah rutinitas kita bekerja.

Ya, tidur siang memang berdampak baik terhadap memori dan keseimbangan sistem internal tubuh. Tak heran, kita biasanya merasa segar kembali dan siap melanjutkan pekerjaan setelah tidur siang sejenak di kantor. Dengan catatan, tidur siang yang dilakukan ini memang tidur yang berkualitas walau hanya dilakukan sebentar.

Mengutip South China Morning Post, Kamis (30/6/2022), untuk bisa mendapatkan power nap atau tidur siang berkualitas ini adalah dengan bantuan kafein, meminum kopi yang mengandung sekitar 110 miligram atau 0,11 ml kafein sebelum berbaring dan memejamkan mata selama 20 hingga 30 menit.

BACA JUGA:5 Manfaat Tidur Siang Singkat Saat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Sulit Tidur? Wajib Coba Cara Ini Agar Tidur Lelap Tanpa Gangguan

Dijelaskan lebih lanjut, cairan minuman kopi butuh sekitar 15 menit untuk mencapai usus kecil dan kemudian diserap ke dalam tubuh. Jadi, setelah minum kopi adalah waktu yang ideal untuk tertidur atau beristirahat. Baru kemudian bangun dengan segar saat kafein mulai masuk dan dicerna tubuh.

Tidur siang dengan bantuan asupan kafein inim disebut telah terbukti meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi inersia tidur seperti perasaan grogi, disorientasi dan kantuk yang muncul setelah bangun tidur yang biasanya dialami pekerja shift yang tidur siang pada shift malam.

Tidak hanya itu, ahli saraf juga menyakini bahwa tidur siang dengan kafein ini bisa membantu untuk melawan kelelahan, mengatasi rasa kantuk dan rasa sakit.

Nah, soal tidur siang yang tepat dan bermanfata, Olivia Arezzolo, pakar tidur dari Australia menyarankan sejatinya setiap orang menerapkan tiga kunci utama.

“Tetap singkat, durasi 30 menit sangat ideal. Buat kondisinya tetap gelap dengan pakai masker penutup mata, dan lakukan lebih awal, artinya selesaikan tidur siang sebelum pukul 15.30,” saran Olivia.

1
2