Share

David Beckham Idap Rinitis, Apa Bedanya dengan Gejala Flu?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 14:14 WIB
$detail['images_title']
David Beckham idap rinitis (Foto: inst)

DAVID Beckham, sang legenda sepakbola Inggris bikin fansnya terkejut. Ia menceritakan bahwa ia mengidap Rinitis alias alergi serbuk bunga.

Seperti dilansir dari The Sun, David Beckham mengunggah foto anjingnya. Kemudian dia menuliskan, "Rinitisku kambuh, mataku berair," ujarnya menceritakan kondisinya.

 serbuk bunga

Memang penyakit Rinitis sendiri merupakan bentuk alergi serbuk bunga. Gejala Rinitis mirip dengan flu seperti hidung tersumbat, kadang berair, dan bersin-bersin.

Lalu apa beda gejala Flu dan Rinitis?

Nah, flu dan Rinitis tidak sama namun gejalanya hampir mirip. Anda harus bisa membedakannya agar tak salah penanganannya.

Dokter Selfiyanti Said M.Kes Sp.THT-KL menjelaskan, sepintas gejala Alergi Rhinitis mirip demam flu. Yakni hidung tersumbat, kadang berair, dan bersin-bersin.

"Bedanya flu disebabkan oleh infeksi virus influensa sedangkan Rinitis dipicu oleh reaksi alergi. Bisa jadi karena alergi terhadap serbuk bunga, cuaca, debu, bulu hewan, hingga stres," katanya.

Sementara flu, lanjut dia, biasanya disertai demam, tidak dengan alergi. Gejala yang dominan pada alergi adalah bersin-bersin dan hidung tersumbat.

Dokter Selfiyanti menambahkan, alergi biasanya gejalanya muncul pada waktu-waktu tertentu. Seringnya pagi atau malam hari, pada saat dingin.

 BACA JUGA:David Beckham Idap Rinitis, Gejalanya Seperti Apa?

Penderita alergi Rinitis biasanya mengalami kekambuhan gejala cukup sering. Misal pada musim penghujan dimana suhu harian lebih dingin, kadang terjadi hampir setiap hari.

Menurut Dokter Selfiyanti, yang perlu dilakukan untuk mencegah hidung tersumbat adalah dengan menghindari alergen misalnya hindari serbuk bunga.

Selain itu juga perlu istirahat yang cukup, banyak minum karena tubuh harus terhidrasi dengan baik, menghirup uap air hangat bisa membantu melegakan pernapasan.

Sementara jika cara di atas tidak membantu, bisa memakai obat-obatan. Obat yang aman yakni antihistamin atau dekongestan.

"Obat ini sifatnya bisa melegakan lubang hidung yang tersumbat dan sebelum membeli harus konsultasi dokter," pungkasnya.

1
2