Share

David Beckham Idap Rinitis, Gejalanya Seperti Apa?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 12:59 WIB
$detail['images_title']
David Beckham idap rinitis (Foto: inst)

DAVID Beckham, legenda sepakbola Inggris mengejutkan fansnya. Ia menceritakan bahwa ia mengidap Rinitis alias alergi serbuk bunga.

Seperti dilansir dari The Sun, David mengunggah foto anjingnya. Kemudian dia menuliskan, "Rinitisku kambuh, mataku berair," ujarnya menceritakan kondisinya.

 anjing David Beckham

Lalu bagaimana gejala Rinitis?

Penyakit Rinitis sendiri merupakan bentuk alergi serbuk bunga. Gejalanya mirip dengan alergi debu. Sepintas gejala Rinitis mirip demam flu. Yakni hidung tersumbat, kadang berair, dan bersin-bersin.

Dokter Selfiyanti Said M.Kes Sp.THT-KL menjelaskan, penderita alergi rinitis biasanya mengalami kekambuhan gejala cukup sering. Misal pada musim penghujan di mana suhu harian lebih dingin, kadang terjadi hampir setiap hari.

"Bedanya flu disebabkan oleh infeksi virus influensa sedangkan alergi Rhinitis dipicu oleh reaksi alergi. Bisa jadi karena alergi terhadap cuaca, debu, bulu hewan, serbuk bunga hingga stres," katanya.

Beberapa orang hanya mengalami alergi serbuk bunga selama beberapa bulan karena sensitif terhadap faktor musiman, seperti serbuk sari pohon atau rumput. Orang lain menderita Rinitis sepanjang tahun.

Kebanyakan orang dengan Rinitis memiliki gejala ringan yang dapat dengan mudah dan efektif diobati.Tetapi bagi sebagian orang gejalanya bisa parah dan terus-menerus, menyebabkan masalah tidur dan mengganggu kehidupan sehari-hari.

Gejala alergi bunga terkadang membaik seiring waktu, tetapi ini bisa memakan waktu bertahun-tahun dan kondisi ini tidak akan hilang sama sekali. Tetapi jika Anda mengalami demam, sistem kekebalan Anda mengira alergen mengganggu.

 BACA JUGA:Cara Mengobati Gatal Alergi Secara Alami, Gak Pakai Ribet!

Sistem kekebalan mencoba melindungi tubuh Anda dengan melepaskan bahan kimia alami ke dalam aliran darah Anda. Bahan kimia utama disebut histamin. Ini menyebabkan selaput lendir di hidung, mata dan tenggorokan menjadi meradang dan gatal saat mereka bekerja untuk mengeluarkan alergen.

Alergi musiman dan tahunan dapat disebabkan oleh banyak alergen, termausk ungau debu yang hidup di karpet, gorden, tempat tidur, dan furnitur. Serbuk sari dari pohon, rumput dan gulma. Bulu hewan peliharaan, spora jamur. Kecoa, termasuk air liur dan kotorannya.

Guna mengetahui gejala alergi serbuk bunga, caranya dengan mengukur antibodi Anda terhadap alergen tertentu. Salah satunya mengambil sampel darah dan mengirimkannya ke laboratorium untuk pengujian.

Tes darah ini disebut tes imunoglobulin E (IgE). Dapat mendeteksi semua jenis alergi, termasuk alergi makanan. Anda dapat merekomendasikan tes tusukan kulit untuk menentukan alergen apa yang menyebabkan gejala.

1
2