Share

Pfizer dan Moderna Siapkan Vaksin Booster Khusus Varian BA.1 Omicron

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 12:50 WIB
$detail['images_title']
Pfizer dan Moderna (Foto: Reuters/Dado Ruvic)

DUA perusahaan produsen vaksin Covid-19, Pfizer Inc (PFE.N) dan Moderna Inc (MRNA.O) baru saja mengumumkan kesiapannya mempersiapkan vaksin booster Covid-19 untuk varian BA.1 Omicron.

Pada Selasa 28 Juni lalu, Pfizer Inc (PFE.N) dan Moderna Inc (MRNA.O) sama -sama menyebutkan kalau mereka akan menyiapkan vaksin Covid-19 yang dirancang untuk memerangi varian BA.1 Omicron lebih awal, daripada vaksin yang dirancang untuk menargetkan subvarian dominan saat ini, varian BA.4 dan BA.5, seperti dilapor Reuters, Rabu (29/6/2022).

Pihak Moderna mengatakan mereka menyiapkan beberapa ratus juta vaksin bivalen, vaksin booster yang dirancang khusus melawan varian BA.1 Omicron pada September mendatang. Tetapi bisa mundur ke akhir Oktober atau awal November jika Moderna butuh merancang vaksin untuk memerangi BA.4 dan BA.5 yang saat ini tengah mendominasi angka kasus positif di dunia.

Sementara Pfizer mengatakan, pihaknya telah memproduksi sejumlah besar vaksin BA.1 dan sedang bersiap untuk memproduksi sejumlah besar vaksin melawan subvarian BA.4 dan BA.5. Dikatakan lebih lanjut, kedua vaksin ini kemungkinan bisa siap diluncurkan ke publik pada Oktober mendatang.

 BACA JUGA:BPOM: Vaksin Merah Putih Pakai Virus dari Pasien Covid-19 di Surabaya

BACA JUGA:Varian BA.4 dan BA.5 Tembus 143 Kasus di Indonesia, Gejala Batuk Paling Banyak

(rpa)