Share

3 Cara Mengatasi Episode Bipolar Disorder yang Diduga Dialami Marshanda

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 21:00 WIB
$detail['images_title']
3 Cara Mengatasi Episode Bipolar Disorder

3 CARA mengatasi episode bipolar disorder akan dibahas dalam artikel ini. Orang dengan bipolar membutuhkan sekali support system. Bagi Anda yang punya keluarga atau sahabat dengan gangguan bipolar, mengetahui bagaimana cara mengatasi episode manik bipolar akan sangat membantu penderita.

Ya, menjadi mitra bagi penderita bipolar akan sangat membantu. Bahkan, dengan adanya dukungan positif dari orang terdekat, penderita akan mendapat perbedaan besar dalam proses pemulihannya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi episode manik bipolar?

3 Cara Mengatasi Episode Bipolar Disorder

(3 Cara Mengatasi Episode Bipolar Disorder, Foto: Instagram/@marshanda99)

Diterangkan dalam laman Club Mental Health Talk, upaya penanganan yang pertama bisa dilakukan adalah mencatat episode manik yang terjadi. Ini dipercaya bisa menekan atau mempersingkat episode manik.

"Dengan sering mencatat, Anda akan tahu pada kejadian apa Anda sebetulnya tengah mengalami manik," terang laman tersebut, dikutip MNC Portal, Selasa (28/6/2022).

Saran berikutnya yang bisa dilakukan adalah tetap rileks sekalipun ini sulit untuk dikontrol. Dengan tetap rileks, Anda berupaya mempertahankan aktivitas harian yang berjalan normal.

Karena pada biasanya episode manik bipolar berisi aktivitas yang positif, walau kerap juga terjadi tindakan yang merugikan orang lain, maka Anda harus berusaha sadar untuk hanya melakukan aktivitas yang menyenangkan dan kreatif.

BACA JUGA : Marshanda Sudah Ditemukan, Berapa Lama Fase Manic Biasanya Berlangsung?

Direkomendasikan juga untuk memperbanyak kontak dengan cahaya. Ini penting agar membuat penderita bipolar tetap sadar dan lebih punya kemampuan untuk mengelola dirinya.

"Disarankan juga untuk mengurangi gula, alkohol, dan kafein, karena itu bisa meningkatkan risiko kekambuhan atau memperpanjang proses episode manik," tambah laporan tersebut.

BACA JUGA : Mengenal Manik Bipolar Terkait Kabar Marshanda Sempat Hilang di LA

Perlu dicatat bagi Anda yang ingin mendukung penderita bipolar agar tidak merendahkan mereka terlebih ketika episode manik sedang berlangsung. Di momen ini biasanya penderita akan sangat sensitif dan mendengar kata-kata buruk akan sangat menyakiti hatinya.

Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah beri ruang. Sebab, bagaimana pun penderita bipolar tidak bisa mengontrol pikiran dan tubuhnya ketika episode manik terjadi. Tetap beri ruang tapi Anda boleh memantaunya dari jauh untuk meminimalisir si penderita melakukan hal yang buruk.

1
2