Share

Lindungi Anak dari Wabah, Dokter Reisa: Berikan Imunisasi Dasar

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 16:39 WIB
$detail['images_title']
Pentingnya melindungi anak dari wabah (Foto: Los angeles times)

JURU Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan, kuatnya perlindungan pada anak dari seluruh wabah tergantung pada kondisi lingkungan yang sehat dan aman serta proteksi dari vaksin.

“Bagaimanapun, anak-anak perlu perlindungan. Kita bisa berikan dan itu berasal dari keluarga atau lingkungan di sekitarnya, juga tetap berikan vaksinasi lengkap kepada anak-anak,” kata Dokter Reisa.

 Dokter Reisa

Ia mengatakan, dalam menghadapi bahaya Covid-19, anak menjadi salah satu kelompok yang paling rawan tertular. Sebab, yang bisa mendapatkan vaksin Covid-19 baru anak-anak berusia enam tahun ke atas.

"Sedangkan untuk anak usia enam tahun ke bawah, belum bisa mendapatkan vaksin Covid-19 karena masih dalam tahap pengkajian," katanya.

 BACA JUGA:Vaksin Merah Putih Dibikin dari Virus Pasien Covid-19?

Seperti dilansir dari Antara, kondisi semakin rawan dengan hadirnya wabah-wabah penyakit lain yang berbahaya bagi kesehatan anak. Sehingga imunisasi dasar menjadi salah satu upaya penting untuk memproteksi diri yang tidak hanya berguna bagi orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Namun, menurut Dokter Reisa, kerawanan dapat dicegah dengan mengikutsertakan anak untuk imunisasi dasar lengkap di fasilitas kesehatan terdekat. Apalagi pemerintah sedang mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022.

Untuk menambah proteksi kesehatan semakin optimal, orangtua dapat memastikan setiap anak tidak hanya mendapatkan imunisasi dasar, tetapi juga berlanjut menjadi imunisasi rutin dan lengkap.

“Ayo kita bersama buru-buru kejar jadwal pemberian imunisasi pada anak-anak kita. Pemerintah saat ini juga sedang mengadakan BIAN 2022 supaya ada upaya percepatan perluasan cakupan imunisasi anak di Indonesia,” katanya.

1
2