Share

5 Gejala Folikulitis Kulit Kepala, Rambut Rontok Salah Satunya

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 18:30 WIB
$detail['images_title']
Masalah kulit kepala (Foto: Freepik)

RASA gatal di kulit kepala selama ini, bisanya dikaitkan dengan masalah ketombe.Tapi, rasa gatal di kulit kepala ini jangan dipandang sebelah mata.

Pasalnya, tahukah Anda dalam kasus yang lebih serius, hal ini bisa jadi disebabkan oleh peradangan dan pustula yang menyakitkan yakni folikulitis di kulit kepala. Terkadang memang folikulitis kulit kepala ini bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi bisa juga berkembang menjadi bisul atau bahkan selulitis tanpa pengobatan.

Folikulitis kulit kepala sendiri adalah gangguan inflamasi folikel rambut yang sering muncul dengan berupa pustula kecil dengan rasa gatal. Lalu apa saja gejalanya? Simak paparan singkatnya, sebagaiman dirangkum dari Byrdie, Selasa (28/6/2022).

1. Lesi kecil: Folikulitis kulit kepala sering dimulai dengan munculnya lesi kecil disertai gatal di sepanjang bagian depan kulit kepala. Rasa gatal ini bisa menyebabkan rasa sakit dan infeksi lebih lanjut, karena digaruk. Menggaruk inilah yang bisa memasukkan bakteri baru ke kulit yang sudah rusak.

2. Kulit meradang: Folikulitis kulit kepala juga bisa muncul sebagai kulit merah, meradang, dan bengkak. Tergantung pada ukuran dan tingkat keparahan infeksi, peradangan ini bisa muncul sebagai bercak kulit kepala versus pustula.

3. Kulit kepala terbakar: Dermatologis Dr.Michelle Henry, M.D, memperingatkan bahwa folikulitis kulit kepala bisa menyebabkan kulit kepala memiliki sensasi terbakar atau terasa nyeri saat disentuh.

4. Whitehead: Biasanya timbul di sepanjang garis rambut frontal, berbentuk kecil disbeut sebagai salah satu indikator paling jelas dari folikulitis kulit kepala.

5. Rambut rontok: Meskipun bukan gejala awal, jika folikulitis kulit kepala berkembang jadi parah maka bisa menyebabkan kerontokan rambut. Segerakan buat janji periksa dengan dokter kulit untuk mengobati folikulitis kulit kepala.

BACA JUGA: TAG Golden Child Sempat Sakit Liver, Kenali Penyebabnya

BACA JUGA: Atlet Taekwondo Disebut Sakit Asam Lambung Sebelum Meninggal, Apa Saja Gejalanya?

1
2