Share

Suka Makan Emping Melinjo, Ini 3 Cara Agar Lolos dari Asam Urat

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 16:22 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Emping. (Foto: Pinterst)

EMPING merupakan sejenis kerupuk yang berbahan dasar melinjo. Efek makan emping melinjo, apalagi dalam porsi berlebih, terbukti dapat meningkatkan kandungan asam urat dalam darah.

Buah yang punya nama latin Gnetum gnemon L ini mengandung purin yang relatif tinggi, yaitu berkisar 50 hingga 150 miligram per 100 gram sajian. Para ahli kesehatan mengatakan, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi emping melinjo lebih dari 100 gram (10 keping ukuran kecil) dalam sehari.

Selain karena bisa memicu penyakit asam urat, makanan ini juga mengandung kalori yang tinggi. Sekitar 100 gram emping melinjo menyimpan sedikitnya 350 kalori. Jika Anda gemar makan emping melinjo, apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi naiknya kadar asam urat akibat konsumsi makanan ini?

Sebenarnya, tubuh memiliki mekanismenya sendiri untuk menetralkan kadar asam urat di dalam tubuh. Namun, jika kadarnya sangat berlebih, maka tentu saja Anda harus melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasinya, seperti dilansir dari KlikDokter.

Asam Urat

Konsumsi Vitamin C

Dalam sebuah penelitian, suplemen vitamin C terbukti dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Maka dari itu, bagi Anda yang mengalami atau berisiko mengalami penyakit asam urat, cobalah untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C. Anda bisa mendapatkan vitamin tersebut dari jus jeruk, stroberi, jambu, dan tomat.

Minum Air yang Cukup

Selanjutnya adalah banyak mengonsumsi air putih. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan kadar asam urat dalam darah, sehingga tidak berubah menjadi kristal-kristal di sendi yang dapat menyebabkan keluhan nyeri.

Jangan Lupa Omega-3

Konsumsi omega-3 dari minyak ikan sangat baik untuk membantu mencegah munculnya penyakit asam urat. Karena diketahui bahwa omega-3 dapat menjadi pelumas bagi sendi, sehingga mencegah munculnya rasa nyeri akibat asam urat.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi glucosamine-chondroitin, bahan dasar kolagen yang dapat meremajakan sendi Anda.

(mrt)