Share

Kulit Kepala Gatal dan Rambut Rontok? Bisa Jadi Anda Alami Folikulitis Scalp

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 18:00 WIB
$detail['images_title']
Masalah kulit kepala (Foto: Freepik)

GATAL di kulit kepala memang menganggu dan bahkan bisa sampai mendatangkan rasa sakit. Gatal kulit kepala yang dialami terus-menerus bisa menyebabkan iritasi dan trauma pada skin barrier.

Rasa gatal di kulit kepala selama ini, familiar dikaitkan dengan masalah ketombe atau kulit kepala yang kering. Tapi, rasa gatal di kulit kepala ini jangan dianggap remeh loh! Sebab, dalam kasus yang lebih serius, hal ini bisa jadi disebabkan oleh peradangan dan pustula yang menyakitkan yakni folikulitis di kulit kepala.

Tidak seperti kondisi masalah kulit kepala lainnya seperti ketombe, folikulitis kulit kepala biasanya butuh perawatan antibiotik atau antiseptik sebagai pengobatannya. Terkadang memang folikulitis kulit kepala ini bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi bisa juga berkembang menjadi bisul atau bahkan selulitis tanpa pengobatan.

Sebetulnya apa sih yang disebut dengan folikulitis kulit kepala? Well, mengutip Byrdie, Selasa (28/6/2022), folikulitis kulit kepala adalah gangguan inflamasi folikel rambut yang sering muncul dengan berupa pustula kecil dengan rasa gatal.

Folikulitis kulit kepala, dijelaskan Dr.Michelle Henry, M.D. terbagi dalam dua kategori. Pertama adalah folikulitis superfisial, tipe ini ringan dan biasanya mudah diobati. Jenis kedua yakni folikulitis dalam, yang menyebabkan infeksi lebih dalam pada folikel rambut dan bisa lebih sulit diatasi.

Dermatologis, Dr. Snehal Amin, M.D., menyebut secara awam, bentuknya seperti jerawat di kulit kepala dan bisa disebabkan oleh peradangan yang berhubungan dengan rambut.

“Terlihat seperti jerawat di kulit kepala, terutama memengaruhi garis rambut frontal kulit kepala. Ini bisa disebabkan oleh peradangan yang terkait dengan rambut yang tumbuh ke dalam atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri, jamur atau tungau," jelas Dr. Snehal.

Dokter Michelle menambahkan, biasanya folikulitis kulit kepala ini paling sering menyebabkan gejala seperti gatal, kemerahan, dan benjolan lunak yang terletak di bagian depan dahi.

BACA JUGA:Tahi Lalat Tiba-Tiba Berubah? Jangan Diabaikan, Bisa Jadi Gejala Kanker Kulit!

BACA JUGA:Vitiligo Bukan Hanya Masalah Estetika Semata, Benarkah Risiko Tinggi Kanker Kulit?

1
2