Share

Viral di Media Sosial, Ini 4 Manfaat Ganja Medis

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 14:12 WIB
$detail['images_title']
Ganja untuk medis (Foto: AP)

GANJA medis akhir-akhir ini viral karena seorang ibu memperjuangkan ganja medis legal di Indonesia untuk pengobatan anaknya yang bernama Pika.

Pika, anaknya yang mengidap cerebral palsy sering mengalami kejang. Bahkan kejangnya bisa dua kali dalam seminggu.

Santi memperjuangkan ganja medis legal di Indonesia demi pengobatan anaknya tersebut.

 butuh ganja medis

Seperti dilansir dari BBC, Santi meminta agar Mahkamah Konstitusi segera memberikan putusan dalam upaya uji materi UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika yang dilayangkan olehnya serta sejumlah orang tua pasien cerebral palsy dan lembaga swadaya masyarakat.

Uji materi yang diajukan pada November 2020 itu bertujuan supaya Narkotika Golongan I, termasuk ganja, dapat digunakan untuk kepentingan penelitian dan pelayanan kesehatan atau terapi.

"Tolong angkat kekuatiran saya ... Beri saya kepastian. Beri kami kepastian," tulis Santi dalam surat terbuka kepada MK yang juga tersebar di media sosial.

Meskipun banyak orang melaporkan manfaat ganja sebagai pereda rasa sakit dan kejang, pengetahuan mengenai efek ganja medis pada anak-anak dan remaja dengan kondisi kronis masih terbatas.

Lalu apa saja manfaat ganja medis?

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, penggunaan ganja untuk medis dan dalam dosis tertentu memiliki berbagai manfaat medis antara lain:

1. Mengurangi Nyeri

Ganja biasanya digunakan sebagai penghilang nyeri yang kronis. Misalnya, nyeri saraf atau penyakit multiple sclerosis (gangguan saraf otak dan tulang belakang).

 BACA JUGA:Benarkah Ganja Bisa Kurangi Risiko Depresi?

2. Mencegah Kejang akibat Epilepsi

Dalam beberapa penelitian, ganja dapat mengontrol kejang dengan menahan sel otak responsif untuk mengendalikan rangsangan dan mengatur relaksasi.

 

3. Mencegah Glaukoma

Ganja dianggap dapat mencegah dan mengatasi glaukoma. Glaukoma itu sendiri merupakan penyakit yang membuat tekanan pada bola mata meningkat. Kondisi ini bisa merusak saraf penglihatan sampai terjadi kebutaan. “Nah, untuk mengurangi tekanan pada bola mata pada penderita glaukoma, ganja dapat secara efektif menurunkan intraocular pressure (IOP),” terang dr. Iqbal.

4. Melawan Mual dan Muntah

Ganja diketahui juga bisa melawan mual dan muntah akibat efek samping kemoterapi pada penderita kanker.

1
2