Share

Cacar Monyet Bisa Sembuh Sendiri, Asal....

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
Monkeypox (Foto: Reuters)

BERSAMAAN dengan hepatitis akut misterius, infeksi virus cacar monyet saat ini juga sedang menyita perhatian kesehatan masyarakat dunia.

Pasalnya, jika dulu dikenal hanya terjadi di negara-negara Afrika. Sekarang, cacar monyet juga sudah menyebar di negara-negara non endemik seperti Eropa. Seperti cacar pada umumnya, cacar monyet atau monkeypox ini adalah tipe penyakit menular.

Meski mudah menular, tapi cacar monyet adalah penyakit yang bersifat self-limitting disease atau dengan kata lain mampu sembuh dengan sendirinya.

"Monkeypox bisa sembuh sendiri, bila kondisi tubuh kita kuat melawan virus yaitu sehat,” ujar dr. Ni Luh Putu Pitawati, SpKK, dikutip dari siaran “Mengenal Monkeypox dan Pencegahannya”, di akun Instagram Radio Kesehatan baru-baru ini.

 

(Virus cacar monyet, foto: Reuters)

Tapi, hal ini didukung dengan syarat kondisi tubuh yang sehat dengan tidur cukup ditunjang kecukupan asupan gizi, contohnya protein hewani dan nabati.

"Dengan istirahat yang cukup, konsumsi makanan sehat dan bergizi dan banyak minum, sehingga pemenuhan kebutuhan gizi buat kita sehat. Terus juga asupan protein ditingkatkan bisa mempercepat penyembuhan luka, seperti protein hewan dan nabati," lanjut dr. Putu

Dokter Putu mengingatkan, proses pemulihan infeksi cacar monyet jika tidak dibarengi bersama kondisi tubuh yang sehat, berpeluang menimbulkan komplikasi.

"Monkeypox memang sefl limiting atau bisa sembuh sendiri. Tapi, jika tidak didasari dengan kondisi yang sehat bisa terjadi komplikasi," tegasnya singkat.

BACA JUGA:WHO Sepakat Putuskan Cacar Monyet Belum Jadi Pandemi

BACA JUGA: Kenali 2 Periode Penularan Cacar Monyet, Biasanya Terjadi Selama 5 Hari

1
2