Share

Vaksin Merah Putih Diprediksi Bisa Kantongi Izin BPOM Tepat 17 Agustus

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 16:08 WIB
$detail['images_title']
Kepala BPOM Penny Lukito (Foto: Tangkapan layar Zoom)

VAKSIN Merah Putih Unair-Biotis mulai menjalani uji klinik fase 3. Vaksin Covid-19 buatan anak bangsa ini, diprediksi mengantongi atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) Indonesia, sekitar dua bulan mendatang.

Hal ini disampaikan Direktur Utama Biotis, FX Sudirman. Ia berharap, izin penggunaan darurat Vaksin Merah Putih ini sudah bisa dikantungi pada 17 Agustus 2022.

"Kami menaruh harapan bahwa EUA Vaksin Merah Putih bisa dikeluarkan BPOM di momen Hari Kemerdekaan kita. Sehingga pada September, vaksin Unair-Biotis ini sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia," ungkap Direktur Utama Biotis, FX Sudirman, dalam gelaran Kick Off Uji Klinis Fase 3 Vaksin Merah Putih, yang disiarkan virtual, Senin (27/6/2022).

Hal senada juga disampaikan dr. Dominicus Husada, Ketua Peneliti Uji Klinis Fase 3 Vaksin Merah Putih. Ia menyebutkan, para peneliti menaruh harapan yang sama, pihak BPOM bisa mengeluarkan EUA untuk Vaksin Merah Putih pada Agustus mendatang.

 

"Kami sangat mendorong agar BPOM bisa mengeluarkan EUA pada Agustus mendatang. Tentu dengan melihat dan mengevaluasi hasil uji klinis fase 3 kami yang diharapkan juga sangat baik," kata dr.Dominicus.

Sementara itu, Kepala BPOM Penny K. Lukito dengan gamblang mengatakan pihaknya untuk saat ini tidak bisa mengeluarkan jadwal waktu pasti kapan EUA bisa dikeluarkan.

"Kami tidak bisa keluarkan tanggal pastinya kapan EUA dikantongi Vaksin Merah Putih ini, yang jelas kami akan terus mendukung pengerjaan uji klinis fase 3-nya. Jika hasilnya sudah keluar, ya, semoga bisa cepat sehingga EUA bisa keluar segera," pungkasnya.

BACA JUGA:CEO Moderna Sebut Vaksin Covid-19 Khusus Omicron Siap Edar Agustus 2022

BACA JUGA:CDC Setujui Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6 Bulan Hingga 5 Tahun

1
2