Share

Kadar Kolestrol Bisa Naik hingga 50% saat Hamil, Bumil Ini Loh Cara Mengatasinya

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 16:22 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto: Shutterstock)

PARA ibu hamil memang bebas mengonsumsi makanan apa saja, selama tidak ada pantangan. Tapi memang, ada beberapa orang yang memiliki kolesterol tinggi, sehingga sangat disarankan untuk membatasi makanan mereka.

Pasalnya, ketika seorang perempuan memasuki masa kehamilan, maka kolesterol mereka bisa naik lebih tinggi. Oleh karena itu, bukan hanya mereka yang memiliki kolesterol tinggi yang harus waspada, tapi juga yang kolesterolnya dalam kadar normal.

“Kadar kolesterol dapat naik sebanyak 25 hingga 50 persen selama trimester kedua dan ketiga,” kata Carolyn Gundell, ahli gizi di Reproductive Medicine Associates di Connecticut dikutip dari Healthline.

Ibu Hamil

Penyebab kolesterol naik saat hamil karena kolesterol sendiri dibutuhkan untuk perkembangan bayi Anda, produksi dan fungsi estrogen dan progesteron, hingga pembentukan ASI yang sehat.

Oleh sebab itu, perlu untuk mengetahui cara mengatasi kolesterol tinggi pada ibu hamil. Pastikan, cara tersebut sehat dan aman bagi ibu serta bayi dalam kandungannya. Berikut cara mengatasi kolesterol tinggi pada ibu hamil.


Batasi lemak jenuh

Hindari makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh tidak sehat. Sebagai gantinya, pilihlah makanan dengan lemak sehat seperti kacang dan alpukat. Hindari juga makanan-makanan yang digoreng untuk menurunkan LDL.

Batasi gula

Cara mengatasi kolesterol tinggi bagi ibu hamil yakni membatasi asupan gula Anda. Ini penting untuk menurunkan trigliserida.

Perbanyak serat

Saat hamil, sebaiknya mengonsumsi makanan yang banyak serat. Tak hanya bagus untuk menjaga kadar kolesterol, serat juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan yang mungkin terganggu selama kehamilan.

Olahraga teratur

Terakhir adalah olahraga teratur. Ya, meskipun sedang hamil, tubuh tetap perlu bergerak atau berolahraga. Pilihlah olahraga yang aman dan nyaman bagi kehamilan Anda.

1
2