Share

Atlet Taekwondo Disebut Sakit Asam Lambung Sebelum Meninggal, Apa Saja Gejalanya?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 15:23 WIB
$detail['images_title']
Pesan terakhir atlet taekwondo (Foto: inst)

SAAT ini viral video di berbagai media sosial yang memperlihatkan pesan terakhir Glenn Endriko Daeng. Ia merupakan atlet Taekwondo penuh prestasi asal Sangihe, peraih medali PON XX Papua untuk Sulawesi Utara sebelum meninggal dunia.

Video tersebut dibagikan oleh akun @Lambe Turah Kawanua OA yang memperlihatkan Glenn yang masih mengenakan selang oksigen berusaha berbicara sambil terengah-engah.

Lewat video itu dia menyampaikan pesan untuk keluarga dan adiknya, meski dalam kondisi yang terlihat susah bernapas.

Salah seorang rekan Glenn mengungkapkan penyebab kematian mendiang. Glenn tak kuasa menahan sakit akibat penyakit asam lambung.

Dirawat selama beberapa hari, kondisi Glenn tak kunjung membaik. Hingga pada Kamis, Glenn dinyatakan telah meninggal dunia oleh dokter.

Atas kepergian Glenn yang mendadak, keluarga dan kerabat sangat berduka cita. Semoga sang atlet mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

Lalu apa saja gejala sakit asam lambung?

Berikut enam gejala asam lambung seperti dilansir dari Health.

 batuk

1. Batuk

Karena asam labung juga berkaitan dengan gangguan pernapasan, Anda akan mengalami batuk kronis dan mengi. Itu disebabkan karena perut yang terasa mulas, yang akan berpengaruh ke paru-paru.

2. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan juga bakal dialami penderita asam lambung jika kambuh. Tidak cuma terasa sakit, pernapasan Anda akan terganggu seperti halnya muncul gejala flu.

3. Suara serak

Saat perut mulas disertai suara serak, hati-hati Anda menderita asam lambung. Karenanya, gejala penyakit ini berkaitan ke kerongkongan, sehingga dapat mengiritasi pita suara Anda. Maka, terjadilah suara serak di saat asam lambung Anda kambuh.

 BACA JUGA:Viral Pesan Terakhir Atlet Taekwondo yang Disebut Sakit Asam Lambung, Apa Penyebabnya?

4. Mulut terasa pahit

Kadang-kadang asam lambung juga memengaruhi kondisi mulut. Ya, mulut Anda terasa pahit saat makan sesuatu, sama halnya di saat Anda mengalami demam. Jika hal itu terjadi pada Anda, segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

5. Dada sesak

Penderita asam lambung juga bakal mengalami dada sesak yang membuatnya tidak nyaman. Tapi jika terus dibiarkan, gejala asam lambung dapat mengarah ke penyakit jantung, apalagi kalau sudah ada gejala hipertensi dan sebagainya.

6. Nyeri perut setelah makan

Hal yang mudah dikenali dari gejala asam lambung yakni Anda akan mengalami nyeri perut, tepatnya di bagian lambung. Biasanya hal ini kerap terjadi saat usia makan besar, mengonsumsi makanan berlemak, minum alkohol, dan sebagainya.

Sedangkan penyebab asam lambung sendiri sebagaimana dilansir WebMD antara lain, makan dalam porsi besar atau langsung berbaring setelah makan, makan makanan berat dan berbaring telentang atau membungkuk, konsumsi makanan ringan (ngemil) menjelang tidur, juga konsumsi minuman tertentu, seperti alkohol, minuman berkarbonasi, kopi, atau teh, dan merokok.ya.

1
2