Share

Jangan Anggap Remeh, Cacar Monyet Bisa Sebabkan Komplikasi Loh!

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
Infeksi cacar monyet (Foto: Reuters)

CACAR monyet atau monkeypox yang tengah menjadi wabah yang merebak ke berbagai negara ini memang bersifat sebagai penyakit yang bisa sembuh dengan sendiri.

Meski demikian, cacar monyet sejatinya tak boleh dianggap remeh.Sebab, cacar monyet tetap bisa menyebabkan komplikasi/

Menurut dr. Ni Luh Putu Pitawati, SpKK, dari RSPI Sulianti Saroso, terjadinya komplikasi setelah terinfeksi cacar monyet bisa saya terjadi.

“Untuk cacar monyet ini, ini komplikasi masih bisa," ujar dr Putu dalam siaran acara “Mengenak Monkeypox dan Pencegahannya,” dikutip dari akun Instagram Radio Sehat, Senin (26/6/2022).

Komplikasi yang bisa timbul akibat cacar monyet ini, mulai dari bekas luka pada tempat cacar, keluarnya nanah pada cacar atau kondisi cacar yang memburuk.

"Pertama bentuknya kelainan kulit yang dalam menimbulkan lesi atau meninggalkan bekas atau cekung di kulit. Kemudian, lainnya mungkin terjadi bila personal hygiene (kebersihan) kita buruk, misalkan selama sakit tidak mandi, sebabkan infeksi bakteri masuk di luka, bisa menimbulkan plenting (cacar) bernanah," jelasnya.

Bahkan berawal dari infeksi cacar monyet, orang dengan kondisi kesehatan tertentu juga bisa mengalami infeksi paru-paru (bagi orang yang sedang melakukan kemoterapi atau orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah), hingga infeksi saluran nafas.

"Bisa juga jika pasien terkena dengan penyakit lain (sedang kemoterapi/cancer) karena kondisi lemah bisa terjadi infeksi di paru-paru. Jika infeksi virus menyebar ke tubuh saat kondisi lemah bisa sebabkan infeksi pada saluran nafas," tambah dr.Putu

Maka dari itu ia mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri semaksimal mungkin, ditunjang dengan asupan kebutuhan gizi yang baik agar tubuh selalu sehat.

"Monkeypox memang self limitting atau bisa sembuh sendiri. Tapi jika tidak didasari dengan kondisi yang sehat bisa terjadi komplikasi," tutup dr. Putu singkat.

BACA JUGA:Waspada! Angka Kematian Cacar Monyet Pada Anak Capai 10 Persen

BACA JUGA:11 Rekomendasi WHN untuk Meminimalisir Penyebaran Kasus Cacar Monyet

1
2