Share

Viral Ibu Perjuangkan Anaknya yang Idap Cerebral Palsy, Apa Penyebab Penyakit Tersebut?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 13:08 WIB
$detail['images_title']
Seorang anak idap Cerebral palsy (Foto: Twitter Andien)

VIRAL seorang ibu di medsos usai berkeliling kota sembari membawa poster di ajang Car Free Day (CFD) Jakarta kemarin. Poster tersebut bertuliskan "Tolong, Anakku Butuh Ganja Medis".

Aksi ibu tersebut ramai di sosial media usai diunggah oleh penyanyi Andien, di akun twitter pribadinya @andienaisyah, Minggu (26/6/2022).

 Cerebral palsy

"Tadi di CFD, ketemu seorang Ibu yang lagi bareng anaknya (sepertinya ABK) bawa poster yang menurutku berani banget. Pas aku deketin beliau nangis," tulisnya.

Dia pun menjelaskan, ibu itu bernama Santi. Di bersama anaknya yang bernama Pika yang didorongnya menggunakan kursi roda di CFD.

Menurut si ibu, Pika mengidap penyakit Cerebral Palsy atau gangguan pada otak yang mempengaruhi gerakan dan tonus otot atau postur tubuh.

"Anaknya, Pika, mengidap Cerebral Palsy. Kondisi kelainan otak yg sulit diobati, dan treatment yang paling efektifnya pake terapi minyak biji ganja/CBD oil," ujarnya.

Lalu apa sih penyebab penyakit Cerebral palsy?

Cerebral palsy disebabkan oleh perkembangan otak yang tidak normal atau kerusakan pada otak yang sedang berkembang.

Cerebral palsy biasanya terjadi sebelum anak lahir. Namun bisa juga terjadi saat lahir atau pada awal masa bayi.

Dalam banyak kasus, penyebabnya tidak diketahui. Banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah dengan perkembangan otak.

Seperti dilansir dari Mayo Clinic, beberapa penyebab Cerebral Palsy antara lain, mutasi gen yang mengakibatkan kelainan genetik atau perbedaan perkembangan otak; infeksi ibu yang mempengaruhi janin yang sedang berkembang; stroke janin sehingga terjadi gangguan suplai darah ke otak yang sedang berkembang.

Selain itu Cerebral palsy juga bisa disebabkan  pendarahan otak janin saat masih di dalam rahim atau saat bayi baru lahir; infeksi bayi yang menyebabkan peradangan di dalam atau di sekitar otak; cedera kepala traumatis pada bayi misalnya jatuh dari motor.

1
2