Share

WHO Sepakat Putuskan Cacar Monyet Belum Jadi Pandemi

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 12:48 WIB
$detail['images_title']
Monkeypox (Foto: Reuters)

KONTRAS dengan World Health Network (WHN) yang sudah mendeklarasikan cacar monyet sebagai pandemi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) justru menilai wabah cacar monyet saat ini belum dianggap sebagai kondisi kesehatan yang darurat.

Seperti dilapor Reuters, Senin (27/6/2022) pada Sabtu 25 Juni lalu WHO memutuskan cacar monyet atau monkeypox belum menjadi darurat kesehatan global atau pandemi. 

Dalam pernyataan terpisah, WHO menyebut meskipun awalnya ada beberapa pandangan berbeda di dalam komite. Tapi pada akhirnya, mereka sepakat bahwa pada tahap ini wabah cacar monyet bukan merupakan Darurat Kesehatan Masyarakat yang menjadi perhatian internasional, atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).

Meski demikian, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan ia pribadi sangat prihatin dengan wabah penyakit yang bisa menyebabkan kematian tersebut.

"Saya sangat prihatin dengan wabah cacar monyet, ini jelas merupakan ancaman kesehatan,” kata Tedros dalam sebuah pernyataan.

Sejauh ini status darurat global hanya diberlakukanWHO untuk pandemi virus corona dan upaya berkelanjutan untuk memberantas polio.

Beberapa pakar kesehatan global mengatakan, badan agensi kesehatan PBB ini mungkin ragu untuk membuat deklarasi pandemi untuk cacar monyet, karena deklarasi Januari 2020 untuk virus corona sebagian besar disambut dengan skeptisisme di seluruh dunia.

Keputusan WHO yang memutuskan cacar monyet belum dinilai sebagai pandemi, disebut profesor epidemiologi di Universitas Yale, Profesor Gregg Gonsalves adalah keputusan yang salah arah.

1
2