Share

Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan, Apakah Bisa Menular ke Manusia?

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 26 Juni 2022 17:07 WIB
$detail['images_title']
Sapi rentan kena PMK (Foto: shutterstock)

PENYAKIT mulut dan kuku (PMK) pada hewan membuat masyarakat khawatir. Apalagi Idul Adha sebentar lagi.

Direktur Kesehatan Hewan (Dirkeswan) Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dr Drh Nuryani Zainuddin, M.Si menjelaskan, PMK tidak mudah menular ke manusia, namun sangat menular antar hewan.

 hewan ternak

Dokter Nuryani mengatakan, ada langkah pencegahan agar manusia tidak menjadi carrier (penular) ke hewan ternak, berikut langkah pencegahannya:

1. Tidak masuk ke kandang hewan

2. Menggunakan baju atau alat pelindung diri (APD).

3. Rajin mencuci tangan

4. Gunakan disinfektan, sebelum dan sesudah masuk kandang

5. Bersihkan diri setelah masuk kandang

"Kalau tidak berkepentingan tidak perlu masuk kandang, mau masuk kandang harus pakai APD. Juga pakai diiinfektan dan berhati-hati membuang baju dengan benar dan membersihkan badan," jelas Dr Nuryani, Minggu (26/6/2022).

 BACA JUGA: Waspada Daging Kurban Terinfeksi PMK, Dokter: Pilihlah Hewan Bersertifikat

Dalam paparannya, dia juga menyarankan agar adanya karpet di tempat -tempat transit atau mobilitas tinggi, seperti Bandara. Menurutnya, karpet yang dengan disinfektan mampu memberikan perlindungan awal untuk membersihkan kuman atau virus yang bisa saja menempel di alas kaki.

Rajin cuci tangan, seperti halnya dalam pencegahan Covid-19. Dia mengimbau agar melakukan protokol kesehatan dengan baik.

"Kalau di bandara sebaiknya juga harus menyediakan karpet yang ada diiinfektannya agar mencegah dari penerbangan dari luar gitu. Sehingga itu tidak terbawa ke manusia. yang penting cuci tangan," kata Dr Nuryani menambahkan

Sebelumnya, penyakit mulut dan kuku ini muncul di Surabaya. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan penyakit mulut dan kuku di Jawa Timur tidak berbahaya bagi manusia.

1
2