Share

Berapa Sih Biaya Program Bayi Tabung?

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 26 Juni 2022 09:27 WIB
$detail['images_title']
Program bayi tabung (Foto: Mommys wall)

MEMUTUSKAN program bayi tabung (Fertilisasi in vitro/ IVF) tidak mudah karena harus didasari pemeriksaan oleh dokter. Mengenai soal harga, belum banyak orang tahu.

Menurut Dokter Ivan Rizal MD GDRM MMIS FRANZCOG SpOG, biaya program bayi tabung itu relatif. Penentuan mahal atau tidaknya mencakup banyak faktor, namun umumnya 3 hal ini dosis, lama stimulasi dan teknologi yang digunakan.

 bayi tabung

Dia juga mengatakan faktor usia menjadi utama, karena semakin muda pasien program bayi tabung, semakin besar peluang keberhasilan dan lebih murah. Usia yang berisiko dikatakan, 40-45 tahun ke atas, memiliki peluang kecil sekitar 15 persen.

"Jika usia pasien sekitar 40 tahun maka tingkat keberhasilan semakin kecil sekitar 15 persen. Bayi tabung itu dipengaruhi oleh banyak faktor, biaya itu tergantung pada dosis, lama stimulasinya, teknologi yang dipakai," kata Dr Ivan.

 BACA JUGA:Segera Bebas, Jerinx SID dan Istri Bakal Jalani Program Bayi Tabung

Berapa Biayanya?

Lebih lanjut Dr Ivan mengatakan bahwa harga untuk program bayi tabung, rata-ratanya berada dikisaran 70-80 juta.

Jika usia semakin tua, bisa menembus 100 juta, karena semakin tinggi dosis, lamanya stimulasi dan teknologi yang digunakan.

"Range rata-ratanya kalau pasien masih muda angka kesuburan masih baik sekitar 70-80 juta. Tetapi kalau sudah dosis yang gede, full teknologi di atas 100 juta pun bisa," jelasnya.

1
2