Share

Pentingnya Kecepatan Pemeriksaan Stroke Akut Demi Keselamatan Pasien

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 25 Juni 2022 22:17 WIB
$detail['images_title']
Kena serangan stroke (Foto: insider)

PENYAKIT stroke merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Oleh karena itu penanganannya harus cepat dan segera agar pasien bisa diselamatkan nyawanya.

Sebab banyak pasien stroke akut yang meninggal akibat terlambat ditangani. Oleh karena itu, penanganan stroke juga mmebutuhkan teknologi medis yang canggih.

Dokter Raditya Utomo, Sp.Rad(K), Dokter Spesialis Radiologi di RS Premier Bintaro menjelaskan, dalam memeriksa pasien stroke bisa memakai MRI 3 tesla signa pioneer. Nah, sendiri MRI merupakan teknologi untuk menghasilkan gambar pencitraan anatomi di dalam tubuh, mulai dari tungkai, tulang belakang, saraf, otak, perut, jaringan dan otot, serta organ tubuh lainnya.

 pemeriksaan pasien stroke

"Lewat gambar pencitraan ini maka memudahkan para dokter untuk menegakkan diagnosis. Tesla merupakan besaran intensitas medan magnet. Semakin tinggi intensitas magnet, semakin detail gambar pencitraan yang dihasilkan," ujarnya.

Nah, kedua hal ini tentu sangat mempengaruhi dokter dalam menegakkan diagnosis. Gambar pencitraan yang semakin jelas dan detail, akan memudahkan dokter mendiagnosis penyakit lebih cepat, dimana proses penanganan dapat dilakukan dengan lebih tepat.

"Dengan teknologi ini, jadi ada penghematan waktu pada pemeriksaan brain stroke akut, yang pada versi sebelumnya memakan waktu 11 menit, dengan MRI 3 Tesla hanya menghabiskan waktu 5 menit. Hal ini otomatis mempercepat Dokter dalam menegakkan diagnosis penanganan pada kasus stroke sehingga pasien bisa segera diselamatkan," jelasnya.

 BACA JUGA: Sarwendah Idap Penyakit Langka di Batang Otak, Simak Beda Sakit Kepala Biasa dengan Gejala Stroke

Apalagi memang waktu penanganan stroke itu harus cepat, agar akibatnya tidak fatal.

(DRM)