Share

Pasien Varian BA.4 dan BA.5 Cuma Butuh 3 Hari untuk Sembuh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 25 Juni 2022 12:01 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Shutterstock)

VARIAN BA.4 dan BA.5 memang disebut lebih cepat menyebar dibandingkan varian induknya Omicron. Meski demikian, tingkat keparahan varian ini memang tergolong sangat rendah.

Oleh karena itu, vaksinasi tiga dosis dan menjaga disiplin protokol kesehatan tetap harus dilakukan masyarakat untuk menekan penyebaran virus dan juga mencegah infeksi.

Dokter Spesialis Paru RSPI Sulianti Saroso dr Erlina Burhan, Sp.P, masa inkubasi subvarian Omicron tersebut lebih singkat daripada varian Delta.

"Jadi, begitu seseorang terpapar virus BA.4 dan BA.5, gejala bisa muncul 1 hingga 2 hari setelahnya," terang dr Erlina pada rekan media beberapa hari lalu.

Karena masa inkubasi BA.4 dan BA.5 ini singkat, tes PCR sudah bisa membaca keberadaan virus dalam 3 hari setelah paparan virus. Artinya, saat seseorang bergejala Covid-19, dan melakukan tes PCR, kemungkinan besar virus sudah bisa terbaca oleh alat tes.

"Infeksi BA.4 dan BA.5 ini juga punya lama rawat atau penyembuhan yang lebih pendek daripada Delta. Itu kenapa, banyak kasus yang sembuh cukup isolasi mandiri di rumah dengan mengonsumsi obat dan vitamin, serta memaksimalkan istirahat," tambah dr Erlina.

Di sisi lain, Ahli Mikrobiologi Universitas Indonesia Prof Amin Soebandrio menjelaskan bahwa kebanyakan kasus pasien BA.4 dan BA.5 itu sembuh dalam waktu singkat.

"Subvarian Omicron ini tidak menyebabkan gejala klinis yang berat. Sebagian besar kasusnya bisa sembuh bahkan 3 hari, tentu dengan pengobatan simptomatik dan istirahat yang berkualitas," ungkap Prof Amin menambahkan.

Sekadar informasi, Kementerian Kesehatan mencatat ada 143 kasus baru dari varian BA.4 dan BA.5 yang sudah dilaporkan terdeteksi di Indonesia. Kebanyakan dari pasien mengalami gejala ringan bahkan tidak bergejala sama sekali.

Meski kebanyakan bergejala ringan, tapi ada 1 pasien dengan gejala sedang, yakni sesak napas dan membutuhkan penanganan rumah sakit. Pasien itu pun sudah mendapat penanganan di rumah sakit dan dikabarkan sudah selesai isolasi dan dinyatakan sembuh.

1
2