Share

Buruknya Kualitas Udara, Olahraga di Ruang Terbuka Sebaiknya Pakai atau Copot Masker?

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 21:01 WIB
$detail['images_title']
Olahraga outdoor (Foto: Freepik)

GELARAN Car Free Day kembali digelar setelah sempat absen karena pandemi Covid-19. Masyarakat sudah kembali bisa berolahraga di ruang terbuka, atau di outdoor sambil menghirup udara segar.

Tapi niat olahraga di outdoor, tampaknya harus ditahan dulu untuk sementara waktu, khususnya bagi para penduduk di Jakarta. Pasalnya, berdasarkan data kualitas udara (air quality index/AQI) dari situs IQAir, kota Jakarta dinobatkan memiliki kualitas udara terburuk di dunia.

Saat situasi seperti ini, apakah olahraga di outdoor tetap aman dilakukan asal memakai masker? Menurut Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K) sebaiknya memang tidak mengambil risiko saat kualitas udara sedang buruk.

“Kalau lagi kategori buruk, tidak sehat. Disarankan tidak exercise outdoor,” kata dr Agus ketika dihubungi MNC Portal, Jumat (24/6/2022).

Terkait pemakaian masker, ia pribadi menilai boleh saja berolahraga di ruang terbuka tanpa masker. Asal memang kualitas udara hari itu sedang baik.

“Kalau kategori dari penilaian udaranya termasuk baik, bisa lepas masker, kualitas udara berfluktuasi setiap hari. Jadi, harus dilihat tiap hari,” pungkas Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) tersebut.

BACA JUGA:Kualitas Udara sedang Buruk, Kapan Waktu Terbaik Berolahraga Outdoor?

(rpa)