Share

Kualitas Udara sedang Buruk, Kapan Waktu Terbaik Berolahraga Outdoor?

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 19:51 WIB
$detail['images_title']
Olahraga di ruang terbuka (Foto: Freepik)

RUTIN berolahraga merupakan kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan bagi tubuh secara keseluruhan, baik fisik atau pun mental.

Banyak orang yang lebih menyenangi melakukan rutinitas olahraga di luar ruangan atau outdoor, karena dapat sambil menghirup udara segar di pagi hari.

Namun, akhir-akhir ini pilihan olahraga outdoor jadi membuat cemas masyarakat, terutama bagi para penduduk Jakarta. Sebab, kualitas udara di Jakarta dimasukkan dalam kategori terburuk sedunia, berdasarkan data kualitas udara (air quality index/AQI) dari situs IQAir.

Lantas, masihkah boleh berolahraga di outdoor? Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K) mengatakan, masih boleh berolahraga di luar ruangan apabila kualitas udara tergolong baik dan aman.

BACA JUGA:Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia, Ini Tips Tetap Sehat ala Dokter Paru

BACA JUGA:Masih Amankah Olahraga Outdoor Saat Kualitas Udara Buruk? Ini Kata Dokter Ahli

Pilihan berolahraga di ruang terbuka saat ini, khususnya di Jakarta menurutnya bisa diakali dengan memilih waktu terbaik.

“Kalau ditanya kapan waktu terbaiknya, umumnya saat Sabtu atau Minggu,” jawab dr. Agus saat dihubungi MNC Portal, Jumat (24/6/2022).

Mengapa akhir pekan dinilai jadi waktu pas untuk olahraga di ruang terbuka? Sebab, pada akhir pekan, volume kendaraan yang menyumbang polusi udara setidaknya lebih rendah jika dibandingkan hari sibuk seperti weekdays alias Senin hingga Jumat.

“Akhir pekan, ketika emisi kendaraan dan industri lagi rendah, sehingga kualitas udara lebih baik,” tutupnya singkat.

1
2