Share

Cacar Hingga Radang, Deretan Penyakit yang Paling Sering Menyerang Anak-Anak

MNC Portal, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 18:40 WIB
$detail['images_title']

ANAK-anak notabene mudah sekali jatuh sakit, hal ini disebabkan memang karena secara alamiah sistem imun anak belum cukup kuat menghalau dan menghadapi virus, bakteri, atau kuman dari lingkungan luar.

Apalagi ditambah banyaknya aktivitas sehari-hari anak yang menguras energi. Mulai dari sekolah, belajar, bermain, dan sebagainya. Tidak heran, anak-anak cukup sering dan rentan sakit.

Dari begitu banyak penyakit, ada beberapa penyakit yang dikenal paling sering menyerang anak. Apa saja penyakit tersebut? Menghimpun berbagai sumber, Jumat (24/6/2022) mari simak ulasan jelasnya berikut di bawah ini.

1. Demam: Menduduki peringkat pertama sebagai yang paling sering dialami oleh anak-anak. . Dalam petunjuk praktis Sari Pedriatri bertajuk ‘Demam pada Anak’, sebesar 19 sampai 30 persen pasien anak yang berobat ke dokter mengeluhkan demam. Anak bisa dikatakan demam bila suhu tubuhnya di atas 38 derajat Celsius. Biasanya demam datang karena adainfeksi dan kelainan metabolik, serta sebab-sebab lainnya. Dalam jurnal tersebut, disebutkan pula ada tiga klasifikasi demam yang biasa menyerang anak. Pertama adalah demam pendek dengan durasi kurang dari 7 hari. Kedua, ada demam yang lebih dari tujuh hari, dan terakhir adalah demam yang tidak diketahui penyebabnya. Umumnya, demam pada klasifikasi ini merupakan sindrom virus.

2. Flu (Batuk dan Pilek): Penyakit satu ini bisa dibilang langganan dialami oleh anak-anak. Flu biasanya datang saat tubuh anak sedang tidak fit, influenza anak biasanya dilatarbelakangi tiga faktor, yakni virus, lingkungan, dan faktor diri dari anak. Mencegah anak sakit influenza, bisa dengan olahhraga rutin, seperti joging atau berlari yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Bisa juga dengan pemberian vaksinasi juga bisa menjadi payung pelindung yang mumpuni karena vaksin bisa mengurangi angka kesakitan sebesar 60 sampai 90 persen pada anak. Pemberian vaksin sudah bisa dilakukan saat anak berusia 6 bulan.

3. Radang tenggorokan: Disebut juga dengan faringitis, yang mana tidak hanya menimbulkan rasa nyeri tapi juga demam kepada anak. Penyebab utama dari radang tenggorokan umumnya adalah bakteri Streptococcus pyogenes. Radang tenggorokan biasanya menyasar anak usia 5 hingga 15 tahun.

4. Cacar Air: Penyakit cacar air cukup menghantui para orangtua, sebab sangat sering mendera anak-anak. Cacar air yang sangat gatal akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada anak dan rewel. Penyakit ini hadir lantaran adanya infeksi virus varicella-zoster pada anak. Meskipun penyakit ringan, namun cacar air mampu menular dengan cepat loh! Apalagi, jika seseorang melakukan kontak langsung dengan si penderita. Gejala cacar air pada anak yang biasa dialami yakni, munculnya ruam merah pada tubuh yang berisi cairan dan menyebar ke seluruh tubuh. Bersamaan dengan itu, anak juga akan mengalami demam dan kondisi tak nyaman. Cacar air hanya akan muncul selama kurang lebih dua minggu dan dapat sembuh dengan obat, serta dengan pantauan dokter.

1
2