Share

Duh! Gejala Utama BA.4 dan BA.5 Samar dengan Sakit Flu Biasa

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 15:16 WIB
$detail['images_title']
Influenza (Foto: Freepik)

KASUS Covid-19 di Indonesia sampai hari ini, terus mengalami kenaikan. Bahkan sudah menembus sekitar di angka 1900.

Ini artinya, setiap hari semakin banyak orang yang tertular, terinfeksi Covid-19. Salah satunya disumbang karena hadirnya subavarian baru Omicron, varian BA.4 dan BA.5 yang lebih menular dan punya kemampuan menghindari sistem kekebalan tubuh.

Hal ini diperparah dengan gejala dari BA.4 dan BA.5 yang disebut Jubir Kementerian Kesehatan RI, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH, bias alias samar dengan gejala flu atau pilek biasa.

"Untuk gejala kami sampaikan untuk BA.4 dan BA.5 hampir sama yaitu ada demam, batuk , flu atau pilek," ujar dr. Syahril, dalam konferensi pers Update Covid-19, Cacar Monyet dan Hepatitis Akut, Jumat (24/6/2022)

Senada dengan dr. Syahril, spesialis paru dr Erlina Burhan, SpP(K), mengatakan karena sangat mirip dengan sakit influenza biasa, ia mengimbau masyarakat untuk lebih memerhatikan gejala utama yang dari BA.4 dan BA.5.

Dengan tahu apa gejala utamanya, maka deteksi dini dengan tes swab PCR atau antigen, bisa lebih cepat dilakukan. Sehingga jika terkonfirmasi positif, bisa langsung melakukan isolasi dan perawatan pengobatan.

"Jadi tiga gejala utama adalah batuk, nyeri tenggorokan dan demam dan kalau keempat bisa pilek atau flu," tegas dr. Erlina singkat.

1
2