Share

5 Manfaat Makan Sawi bagi Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 13:48 WIB
$detail['images_title']
Sawi baik untuk kesehatan (Foto: Foodnetwork)

BANYAK jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi sebagai asupan serat, vitamin dan protein. Salah satunya adalah sawi yang sudah tak asing lagi, dan dipakai sebagai bahan masakan.

Sawi sangat mudah ditemukan di pasaran, bahkan harganya pun relatif lebih terjangkau dibandingkan jenis sayuran lainnya. Para penjual makanan pun menggunakan sawi sebagai tambahan sayurannya, seperti bakso, mi ayam, mi goreng, capcay dan lainnya.

Dilansir dari laman Health Line, sawi merupakan sayuran rendah kalori, kaya akan serat dan mikronutrien. Baik juga dikonsumsi setiap hari. Selain itu terdapat manfaat lainnya, berikut ini lima di antaranya:

1. Kaya Antioksidan

Sawi

Antioksidan adalah senyawa tanaman alami, membantu melindungi terhadap stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas yang berlebihan.

Oleh karena itu, sawi merupakan sumber antioksidan yang kaya seperti flavonoid, beta karoten, lutein, dan vitamin C dan E.

BACA JUGA : 3 Manfaat Sayur Sawi untuk Kesehatan Tubuh

2. Vitamin K

Sayuran sawi mentah dan matang adalah sumber vitamin K yang cukup banyak, dikenal sebagai peran penting dalam membantu pembekuan darah. Hal ini juga terbukti penting untuk kesehatan jantung dan tulang.

BACA JUGA : Sebelum Meninggal Rima Melati Alami Gagal Jantung, Apa Gejalanya?

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bagi Anda yang sedang menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkannya, tak ada salahnya mengonsumsi sawi sebagai sumbernya.

Sekitar 140 gram sawi yang sudah dimasak, terdapat vitamin C dan E yang baik untuk mempertahankan dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

4. Baik Untuk Jantung

Sawi juga sarat dengan antioksidan seperti flavonoid dan beta karoten, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan dan kematian akibat penyakit jantung.

Satu ulasan dari delapan penelitian menemukan, bahwa asupan tinggi sayuran hijau Brassica dikaitkan dengan penurunan 15 persen risiko penyakit jantung yang signifikan.

Seperti sayuran Brassica lainnya , sawi mengandung senyawa yang membantu mengikat asam empedu dalam sistem pencernaan Anda. Hal ini penting, karena mencegah reabsorpsi asam empedu menyebabkan penurunan kadar kolesterol.

5. Anti Kanker

Selain kandungan antioksidan kuat, sawi juga memiliki efek antikanker. Sayuran hijau ini mengandung zat tinggi dalam kelompok senyawa tanaman bermanfaat, yakni disebut glukosinolat.

Dalam penelitian tabung reaksi, glukosinolat telah terbukti membantu melindungi sel dari kerusakan DNA dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun, manfaat ini belum dipelajari pada manusia.

1
2