Share

Rima Melati Meninggal karena Dekubitus, Kenali Faktor Risiko dan Penyebabnya

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 16:35 WIB
$detail['images_title']
Rima Melati. (Foto: Okezone)

DUNIA entertaiment Indonesia kembali berduka, setelah adanya kabar aktris senior Rima Melati, meninggal dunia. Kabar meninggalnya Rima Melati kemudian dibenarkan oleh keluarga dan anak Rima Melati.

Seperti diketahui, kondisi Rima Melati belakangan memang sedang drop. Rima beberapa waktu lalu dirawat di ruangan Intensive Care Unit (ICU) di salah satu rumah sakit kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. Dekubitus yang diidap Rima semakin parah, sehingga ia harus dilarikan ke rumah sakit.

Dekubitus adalah luka akibat tekanan (ulkus dekubitus), ini merupakan luka pada kulit dan jaringan di bawahnya yang biasanya terjadi pada tonjolan tulang. Kondisi ini muncul akibat adanya gaya gesek, peregangan kulit dan tekanan.

Adapun tempat-tempat yang beresiko mengalami dekubitus adalah kulit yang melapisi bokong, tulang ekor, tumit ataupun pinggang. Tempat lain seperti siku, lutut, sendi pergelangan kaki dan bagian belakang bahu juga rentan terkena dekubitus.

Dokter Alvin mengatakan bahwa luka tekanan terjadi karena adanya penekanan jaringan lunak yang mengakibatkan terjadinya sumbatan pembuluh darah dibawah kulit. Pembuluh darah tersebut bisa total tersumbat atau sebagian saja.

Gaya gesek dan peregangan kulit juga bisa membuat luka dengan menarik pembuluh darah yang mendarahi kulit, sehingga kulit tak mendapat nutrisi cukup. Luka tekanan terjadi pada orang yang cenderung tiduran atau tak bergerak dalam waktu lama.

Lebih lanjut, dr. Alvin mengatakan ada setidaknya tiga kondisi orang yang kemungkinan besar mengalami dekubitus, diantaranya:

1. Orang yang kekurangan energi dan protein, keadaan yang lembab, penyakit yang membuat aliran darah ke kulit berkurang.

2. Pasien yang tak cukup minum sehingga kulit kering

3. Kondisi medis seperti diabetes yang menyebabkan gangguan aliran darah ke kulit.

(mrt)