Share

Dijalani Gleycy Correia Sebelum Meninggal Dunia, Apakah Operasi Amandel Berbahaya?

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 21:09 WIB
$detail['images_title']
Gleycy Correia (Foto: Instagram @gleycycorreia)

GLEYCY Correia, Miss United Continents Brasil pada 2018 diketahui meninggal dunia pada Senin 20 Juni 2022.

Wanita yang merupakan kekasih kiper Arema FC, Adilson Maringa ini menghembuskan napas terakhirnya di usia 27 tahun. Ia dikabarkan sempat mengalami pendarahan hebat dan serangan jantung setelah menjalani operasi pengangkatan amandel pada Maret 2022.

Paska operasi, Gleycy disebutkan mengalami koma selama dua bulan dan dinyatakan meninggal dunia pada 20 Juni lalu. Kejadian ini menimbulkan pertanyaan, apakah memang operasi amandel memang bisa mengancam nyawa seseorang?

Dijelaskan oleh dokter relawan Covid-19, Dr. Muhammad Fajri Adda’I, pada dasarnya memang setiap tindakan medis memang memiliki risiko. Hal itu bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, sekecil apapun tindakan medis yang dilakukan.

“Pada prinsipnya segala operasi atau tindakan medis apapun bisa menyebabkan meninggal. Orang minum paracetamol pun juga bisa meninggal kalau dia terjadi alergi,” ucapnya saat dihubungi kepada MNC Portal, Rabu (22/6/2022).

Lebih lanjut, pakar kesehatan tersebut menambahkan, pada kasus yang dialami Gleycy kemungkinan besar terjadi dikarenakan pendarahan yang cukup parah. Kondisi ini yang bisa saja menutup jalannya saluran pernafasan.

“Kalau dalam hal ini bleeding, ya karena pendarahan ya. Pendarahan ya operasi apapun bisa. Pendarahan di saluran amandel bisa masuk ke paru, bleeding-nya banyak ya bisa saja meninggal,” pungkas Dr. Fajri

Sebagai informasi, mengutip Mayo Clinic, operasi amandel atau yang disebut tonsilektomi merupakan operasi yang pada dasarnya aman dijalani dan risiko fatal operasi amandel terbilang sangat jarang. Kendati demikian, seperti yang dijelaskan Dr. Fajri, sebagaimana prosedur medis pada umumnya, operasi ini tetap memiliki risiko untuk menimbulkan komplikasi.

Adapun beberapa komplikasi yang bisa terjadi akibat operasi amandel mulai dari reaksi alergi terhadap obat bius, seperti sakit kepala, mual, muntah, dan nyeri otot. Kemudian, pembengkakan di lidah dan area langit-langit mulut yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan, pendarahan saat operasi atau dalam masa pemulihan, kerusakan pada gigi dan rahang, sakit tenggorokan, hingga infeksi.

BACA JUGA:Kabar Baik, Pengobatan Vitiligo Ditanggung BPJS Kesehatan!

BACA JUGA:Cegah Migrain Berkepanjangan, Coba Jalani Gaya Hidup Sehat

1
2