Share

Pemberian MPASI dengan Baik Bisa Cegah Stunting, Bunda Wajib Tahu!

Syifa Fauziah, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 17:41 WIB
$detail['images_title']
Anak mengalami stunting (Foto: BKKBN)

SETIAP orangtua pasti harus memastikan gizi yang cukup pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sang anak. Hal itu akan berdampak pada kehidupan di masa depan yang lebih sehat.

Dokter Spesialis Anak, IPDA dr. Harun Akbar M.Kes SpA mengatakan, orangtua menjadi sosok utama terhadap pemenuhan gizi di 1000 HPK seorang anak. Pemenuhan gizi yang baik dapat mencegah terjadinya stunting atau kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis.

 MPASI

“Kekurangan gizi bisa terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah bayi lahir. Kondisi stunting baru terlihat setelah bayi berusia dua tahun,” ujar Dokter Harun.

Dokter Harun melanjutkan untuk periode MPASI, para orangtua juga perlu memperhatikan dengan baik setiap strategi pemberiannya. Mulai dari faktor tepat waktu, adekuat, aman, higienis, serta diberikan secara responsif kepada anak.

“MPASI dapat dibuat secara homemade atau dibuat sendiri oleh orang tua. Namun para orang tua perlu memperhatikan kandungan makanan yang diolah dengan mencukupi asupan protein hewani, lemak, dan mikronutrien,” tuturnya.

 BACA JUGA:Kemenkes Catat Puluhan Ribu Anak di Garut Alami Stunting

Lebih lanjut, Dokter Harun menjelaskan sebaiknya orang tua memperhatikan konsumsi serat, gula, dan garam pada 1000 HPK harus diberikan dalam jumlah yang terbatas.

“Tapi sebaiknya tidak usah memberi gula dan garam pada makanan. Karena dapat merusak metabolisme dan insulin mereka (anak). Biasanya semua makanan sudah memiliki rasa manis dan asin yang keluar secara alami,” tuturnya.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, Dokter Harun menyebut kalau pemberian makanan berserat sebaiknya tidak dilakukan. Orang tua cukup memperkenalkan dan sesekali saja memberi asupan serat.

“Saat ini memang serat itu kontraproduktif dengan mineral yang dibutuhkan tubuh. Artinya mindset diubah. Cukup perkenalkan saja serat ke anak atau dikasih sesekali saja. 1000 HPK itu asupan yang diberikan ke anak berfungsi untuk mengoptimalisasikan otak. Jadi sebaiknya beri makanan tinggi protein,” tutup dokter yang praktik di Rumah Sakit Brawijaya itu.

1
2