Share

CDC Setujui Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6 Bulan Hingga 5 Tahun

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 17:35 WIB
$detail['images_title']
Anak divaksin (Foto: Freepik)

CENTERS for Disease Control and Prevention Director (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat baru saja menerbitkan izin penggunaan vaksin Covid-19 untuk anak-anak usia termuda.

Penerbitan izin ini ditandai dengan diterimanya rekomendasi Advisory Committee on Immunization Practices’ (ACIP) yang menyebut, bahwa anak-anak usia 6 bulan hingga setidaknya 5 tahun seharusnya bisa mendapat vaksinasi Covid-19, oleh Dr. Rochelle Walensky selaku Direktur CDC, mengutip NBC News, Senin (20/6/2022).

Pengesahan oleh Direktur CDC tersebut, menandai program vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak mulai di bawah usia 5 tahun itu bisa segera dimulai. CDC disebutkan lebih lanjut, menerima rekomendasi tersebut hanya beberapa jam setelah komite penasihat CDC memutuskan untuk mengeluarkan izin pemakaian vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna untuk anak-anak di usia 6 bulan.

 

Pada Sabtu 18 Juni lalu, Komite Penasihat CDC diketahui baru saja mengesahkan vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dan Moderna untuk anak-anak berusia 6 bulan.

Meski sama-sama berjenis mRNA, vaksin Pfizer dan Moderna hadir dengan dosis dan jadwal pemberian dosis yang berbeda. Vaksin Pfizer disahkan oleh FDA untuk anak usia 6 bulan hingga 4 tahun, sedangkan vaksin Moderna diizinkan untuk digunakan pada anak usia 6 bulan hingga 5 tahun.

Sementara untuk dosis, Pfizer diberikan dengan tiga suntikan, yang mana dua dosis pertama diberikan dengan selang waktu tiga pekan. Barulah, setidaknya delapan pekan setelah dosis yang kedua, dosis ketiga ini diberikan.

Sedangkan vaksin Moderna hanya dua dosis, diberikan dengan jarak empat minggu antara dosis yang pertama dengan yang kedua.

 BACA JUGA:Jangan Hanya Fokus Vaksin Covid-19, Ini Sederet Vaksin Anak yang Wajib Dipenuhi

1
2