Share

Kemenkes Pastikan Kasus Cacar Monyet Belum Ada di Indonesia

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 15:22 WIB
$detail['images_title']
Virus cacar monyet (Foto: Freepik)

PENYAKIT cacar monyet (monkeypox) tengah menjadi salah satu perhatian dunia kesehatan masyarakat global saat ini. Mengingat, sudah terjadi di banyak negara, termasuk di negara-negara yang awalnya tidak pernah terjadi kasus penyakit cacar monyet sebelumnya, contohnya di Eropa. 

Lalu bagaimana dengan situasi perkembangan teranyar di Indonesia? Kementerian Kesehatan RI, mengungkapkan sejauh ini belum ada kasus cacar monyet di Tanah Air.

"Indonesia belum ada kasus," ujar dr.Maxi, Dirjen P2P Kemenkes, saat dihubungi MNC Portal, Senin (20/6/2022).

Cacar monyet sendiri disebutkan bersifat ringan dengan gejala yang berlangsung dua hingga empat minggu.Namun memang, bisa berkembang menjadi berat dan bahkan berujung pada akibat paling fatal, kematian.

BACA JUGA:WHO Ancang-Ancang Pengadaan Ribuan Tes Cacar Monyet untuk Afrika

BACA JUGA:Gelar Rapat Komite, WHO Segera Putuskan Status Kedaruratan Cacar Monyet

Follow Berita Okezone di Google News

Terkait penularan, dr. Maxi mengatakan transmisi penyakit ini kepada manusia jika ada kontak langsung dengan orang (pasien positif) atau hewan yang terinfeksi.

"Penularan kepada manusia terjadi melalui kontak langsung dengan orang ataupun hewan yang terinfeksi, atau melalui benda yang terkontaminasi oleh virus tersebut,” katanya baru-baru ini, seperti dikutip dari laman resmi Kemenkes

Sebagai informasi, pekan ini Badan Kesehatan Dunia (WHO) dilaporkan akan mengadakan rapat komite darurat untuk membahas perihal wabah cacar monyet, yang dihelat untuk menentukan status apakah wabah cacar monyet merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian dunia internasional.

1
2